blank
Peserta tes CPNS Pemkot Magelang datang ke lokasi tes di Gedung Wiworo Wiji Pinilih, (Suarabaru.id/dh)

 

 

MAGELANG- Ribuan peserta tes CPNS formasi Pemkot Magelang yang dipusatkan di Gedung Wiworo Wiji Pinilih, Setda Kota Magelang kecewa karena, tes hari pertama Jumat (26/10) gagal dilaksanakan dan harus ditunda. Penyebabnya karena masalah teknis.

Tanda-tanda tes urung dilaksanakan terlihat sejak awal. Pukul 07.00 WIB, sebagian besar peserta tes sesi pertama sudah datang di halaman depan Gedung Wiworo Wiji Pinilih.

Namun hingga pukul 07.50 WIB panitia penyelenggara belum melakukan pemanggilan para calon peserta tes untuk masuk ke dalam ruangan.

‘’Terus terang saya kecewa dengan pengunduran jadwal tes ini. Karena, saya jauh-jauh datang dari Bekasi, Jawa Barat, sudah datang lebih awal untuk mengikuti tes seleksi CPNS untuk wilayah Kota Magelang,’’ ungkap Darti Oktaviani, salah satu peserta tes asal Bekasi.

Dia mengemukakan, kekecewaannya tersebut karena  dirinya sudah bekerja di sebuah sekolah swasta dan harus meminta izin lagi pada  pelaksanaan tes yang akan dilaksanakan pada 16 November 2018.

Darti menerangkan, penundaaan pelaksanaan tes ada manfaatnya. Yakni, para peserta mempunyai waktu untuk persiapan membaca bahan-bahan tes.

Sementara itu, Suratini, Koordinator Tim Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Nasional ( BKN) Kantor Regional I Yogyakarta mengatakan, penundaan tes CPNS untuk pelamar dari Kota Magelang disebabkan masalah gangguan teknis IT yang diluar kemampuan panitia.

‘’Sebenarnya  tes ini sudah kami persiapkan. Tetapi, terjadi kendala teknis di luar kemampuan panitia. Yakni   pada jaringan IT,’’ tuturnya.

Suratini mengaku tidak mengetahui secara pasti kendala teknis masalah IT yang menjadi penyebab gangguan  pada tes seleksi CPNSitu. Dia juga tidak bersedia menjelaskan secara detail gangguan teknis tersebut. ‘’Kami tidak tahu gangguan teknis, yang tahu para teknisi IT,’’ terangnya, ujarnya.

Dengan adanya gangguan teknis maka pelaksanaan tes berbasis CAT yang sebenarnya akan berlangsung pada Jumat dan Sabtu ( 26-27/10) ditunda pada 15-16 November mendatang.

Terkait itu, pihaknya meminta para peserta tes untuk melihat pengumuman melalui website Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Magelang,  yakni di www.bkppmagelang.go.id. Sedangkan untuk jadwal tes lainnya tidak ada perubahan.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota  Magelang Aris Wicaksono mengatakan,  pelaksanaan tes CPNS yang dipusatkan di Gedung Wiworo Wiji Pinilih pada Jumat dan Sabtu ( 26-27/10), sedianya diikuti 2.160 peserta.

‘’Hari Jumat diikuti 810 peserta  untuk formasi CPNS Pemkot Magelang dan terbagi dalam tiga sesi. Sedangkan untuk Sabtu ( 28/10)diikuti 1.350 orang. Terdiri atas 1.216 orang juga untuk formasi CPNS Pemkot Magelang dan 134 lainnya untuk CPNS Kabupaten Purworejo,’’ jelas Aris. (Suarabaru.id/dh)