blank
Di lokasi TMMD, prajurit TNI memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis kepada masyarakat. Bersamaan itu, di Kodim 0728 Wonogiri, digelar pelayanan vaksinasi Hepatitis B kepada semua prajurit.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis kepada warga masyarakat, diberikan di lokasi TMMD Sengkuyung Tahan III Tahun 2018. Ini dilakukan oleh para personel prajurit Kodim 0728 Wonogiri yang tergabung dalam Tim Kesehatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Tlogoharjo, Kecamatan Giritontro (sekitar 60 Kilometer arah selatan Kota Wonogiri).

Tim Kesehatan yang memberikan pelayanan gratis ini, melibatkan Kopka Sutikno dari Klinik Pratama 28 Wonogiri, yang kini diperbantukan dan terlibat langsung di lokasi TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2018. Pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, diberikan kepada warga masyarakat yang terlibat secara aktif dalam pelaksanaan TMMD, bersama warga di rumahnya masing-masing, untuk sekaligus memberikan penyuluhan tentang pentingnya membudayakan hidup bersih, dalam upaya mewujudkan kesehatan di masing-masing keluarga.

Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) M Heri Amrulloh melalui Perwira Sandi Penerangan Kodim (Pasandipendim) Wonogiri Letda (Inf) Nurhadi, menyatakan, pelayanan pengobatan diberikan kepada warga masyarakat secara cuma-cuma. Warga yang datang berobat, mengeluhkan bermacam derita sakitnya, ada yang pusing, pilek, meriang tidak enak badan, gatal-gatal, mual, perut kembung, pegal dan linu. Juga ada yang berobat karena mengalami luka lecet berdarah.

Bersamaan itu, Rabu (24/10), Kodim 0728 Wonogiri memberikan pelayanan vaksinasi Hepatitis B melalui Klinik Pratama Kartika-28, kepada semua prajurit TNI di Wonogiri. Dandim 0728 Wonogiri melalui Pasipers Kapten (Inf) Prahwoto, menyatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui, mencegah dan menangkal penyakit Hepatitis B. Melalui kegiatan ini, para prajurit juga diberikan penyuluhan hidup sehat, dan dianjurkan untuk secara rutin memeriksakan kesehatannya secara berkala, dalam upaya mencegah penyakit.

Menurut Dokter Dika Ambarkusuma dari Klinik Denkesyah 04.04.04 Surakarta, penyakit hepatitis ini termasuk penyakit menular, maka dari itu bagi prajurit harus mengikuti vaksinasi untuk mencegahnya. Hepatitis B adalah infeksi serius pada hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis B (HBV), dampaknya bisa menyebabkan kondisi akut dan kronis pada penderitanya. Jika sudah memasuki level kronis, penyakit ini bisa membahayakan nyawa penderitanya. Jika tidak segera ditangani, penderita hepatitis B kronis berisiko terkena sirosis, kanker hati, atau gagal hati.(suarabaru.id/bp)