Bagikan
Gambar: Para siswa internasional dari Afganistan berfoto bersama dalam kunjungan pendidikan di kampus Unissula

Pondok Pesantren Darul Amanah Kendal mengadakan kunjungan pendidikan ke Unissula yang dipimpin oleh Mufti Haris SPdI dan diterima langsung oleh Wakil Rektor III Muhammad Qomaruddin MSc PhD (23/10) di Kampus Kaligawe.

Dalam kesempatan tersebut Darul Amanah membawa rombongan yang terdiri dari siswa siswa domestik serta 38 siswa internasional terpilih dari Afganistan.  Dalam sambutannya Mufti Haris menyampaikan bahwa siswa siswa dari Afganistan tersebut sedang mengikuti short course selama tiga bulan di Darul Amanah mulai 28 September sampai dengan 28 Desember 2018 hasil kerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia.

Masih menurut Mufti Haris, siswa siswa yang masih dalam tahap belajar di tingkat SMA tersebut belajar  ke Indonesia atas prakarsa Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk belajar di Indonesia mengenai kebudayaan, kerukunan, keberagaman, toleransi beragama, hidup rukun dan damai dalam multukulturalisme. Mereka diajak ke berbagai perguruan tinggi untuk melihat prospek pendidikan dan peluang beasiswa sebagai persiapan pendidikan setelah mereka lulus dari pendidikan di tingkat SMA.

Sementara itu Muhammad Qomaruddin menyambut baik keinginan tersebut dan menyatakan kesebelas fakultasnya siap menyambut mahasiswa internasional dari berbagai negara sesui prosedur yang selama ini telah dilaksanakan. Ia juga menambahkan bahwa saat ini Unissula juga menerima mahasiswa internasional dari Belanda dan Thailand.

Melalui jaringan pendidikan internasionalnya setiap tahunnya Unissula juga mengirimkan mahasiswa dan dosennya dalam bentuk student exchange dan staff exchange untuk kuliah di universitas mitra di luar negeri seperti di Dongseo University Korea, Rotterdam University Belanda serta universitas universitas terkemuka di Malaysia, Brunai Darussalam, Thailand dan masih banyak yang lainnya. (suarabaru.id/fs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here