Bagikan
Ketua Kwarcab Pramuka Kota Magelang Sumartono mengukuhkan Gudep Pramuka MTs Negeri 2 Magelang, (Suarabaru.id/dok)

 

MAGELANG- Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di sekolah dan madrasah, merupakan tempat pendidikan bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraaan dan penuh pendidikan.

Hal itu disampaikan Ketua Kwarcab Pramuka Kota Magelang, Sumartono, saat  pelantikan dan pengukuhan Gugus Depan (Gudep) 01.170.-171. MTs Negeri 2 Magelang, kemarin.

Selain itu, Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya kegiatan kepanduan diharapkan dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik yang baik.

‘’Sikap baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan santun, rasa cinta kasih pada sesama, patriot, suci dalam segala pikiran maupun perbuatan, bertaqwa kepada Tuhannya dan segala sikap yang lain. Pendek kata diharapkan anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan janji pramuka,’’ katanya.

Sumartono yang juga Penjabat Sekretaris Daerah Kota Magelang menerangkan, pendidikan kepramukaan adalah pendidikan ekstra kulikuler wajib di sekolah dan madrasah, yang dilaksanakan dengan 3 model yaitu model block,  model aktualisasi dan model reguler.
Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap, dalam Gerakan Pramuka perlu adanya keseragaman langkah bagi pengelola yang tergabung dalam suatu gugus depan.

Kepala MTs Negeri 2 Magelang Fathul Mubin mengemukakan,  ada keterkaitan erat antara peserta didik sebagai anggota pramuka, pembina pramuka dan unsur majelis pembimbing gugus depan. Tanpa kerja sama yang baik dari unsur-unsur tersebut tidak mungkin pramuka berperan aktif dalam pembentukan sikap peserta didik. (Suarabaru.id/dh)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here