blank
Direktur Utama Semen Indonesia, Hendi Prio Santoso (kanan) pada saat menerima penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi kategori Manajemen Energi pada Industri dan Bangunan Gedung sub kategori inovasi khusus (special submission) dari Kementerian ESDM. Hal ini merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian ESDM kepada para stakeholders serta mempromosikan keberhasilan penerapan efisiensi dan konservasi energi yang dimulai sejak tahun 2012

JAKARTA– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Pabrik Tuban berhasil meraih penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi kategori Manajemen Energi pada Industri dan Bangunan Gedung sub kategori inovasi khusus (special submission) dari Kementerian ESDM.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan didampingi Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar kepada Direktur Utama Semen Indonesia, Hendi Prio Santoso di XXI Ballroom – Djakarta Theater, Jumat (28/9).

Penghargaan Subroto merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian ESDM kepada para stakeholders serta mempromosikan keberhasilan penerapan efisiensi dan konservasi energi yang dimulai sejak tahun 2012.

Direktur Utama Semen Indonesia Hendi Prio Santoso mengatakan bahwa keberhasilan Semen Indonesia meraih penghargaan Subroto merupakan bukti nyata perusahaan yang telah melakukan berbagai inovasi di bidang konservasi dan efisiensi energi khususnya di Pabrik Tuban.

Lebih lanjut Hendi Prio Santoso mengatakan inovasi bidang konservasi dan efisiensi energi yang telah dilakukan perusahaan diantaranya pemanfaatan biomass dan limbah B3 sebagai bahan bakar alternatif untuk pengganti bahan bakar fosil, Pengoperasian WHRPG (Waste Heat Recovery Power Generation) sebagai pembangkit listrik yang berasal dari panas gas buang sebesar 30 MW, Pemakaian batubara rendah kalori (dibawah 4000 kkal) sebagai bahan bakar dan pembangunan Central Coal Storage untuk mengintegrasikan kualitas batubara, Modifikasi cyclone SP untuk optimasi pembakaran dan modifikasi peralatan lainnya yang hemat energi dan Peningkatan produksi Blended Cement melalui material ke-3 untuk mengurangi pemakaian clinker.

blank
Direktur Utama Semen Indonesia, Hendi Prio Santoso menerima Penghargaan Subroto dari Menteri ESDM Ignasius Jonan yang didampingi Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar di XXI Ballroom – Djakarta Theater, Jumat (28/9)

“Perseroan juga telah melaksanakan Sistem Manajemen Energi sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM no. 14 tahun 2012 tentang Manajemen Energi. Sejak tahun 2015, Perseroan telah memiliki Struktur Organisasi Tim Manajemen Energi yang bertugas untuk melaksanakan program konservasi dan efisiensi energi. Perseroan juga telah telah memiliki Manajer Energi dan Auditor Energi yang telah tersertifikasi oleh LSP HAKE dan setiap tahun telah melaporkan pemakaian energi ke Kementerian ESDM melalui POME (Pelaporan Online Manajemen Energi)” jelasnya.

Dari hasil implementasi berbagai program tersebut pada tahun 2017 Semen Indonesia berhasil menurunkan intensitas pemakaian energi panas sebesar 18,8% (baseline tahun 2014) dan menurunkan intensitas pemakaian energi listrik sebesar 6,0% (baseline tahun 2014). Implementasi program efisiensi energi juga berdampak langsung pada penurunan emisi gas CO2. Emisi gas CO2 yang bisa diturunkan hingga tahun 2017 sebesar 9,14% (baseline tahun 2014).

“Keberhasilan meraih penghargaan ini merupakan momentum yang tepat bagi perusahaan  untuk lebih berperan aktif dalam menciptakan inovasi diberbagai bidang sehingga Perseroan selalu menjadi perusahaan yang unggul dan memiliki daya saing yang tinggi,” pungkasnya.(suarabaru.id/sl)