blank
SELEBRASI HARI: Penyerang PSIS Hari Nur Yulianto (kanan) melakukan selebrasi gol bersama rekan-rekannya.

MAGELANG – Trisula andalan lini depan PSIS Semarang, Bruno Silva, Hari Nur Yulianto dan Bayu Nugroho menjadi penentu kemenangan 4-2 timnya atas Perseru Serui pada laga Liga 1 pekan ke-23 di Stadion dr H Moch Soebroto, Kota Magelang, Minggu (23/9) petang. Sukses ini mengantarkan Laskar Mahesa Jenar sementara keluar dari zona degradasi. Hari Nur Yulianto dan kolega sekarang naik ke urutan ke-15 dari peringkat ke-17 dengan menggeser PS Tira dan Perseru.

Bruno mencetak dua gol pada menit ke-52 lewat titik putih dan sepakan bebas delapan menit kemudian. Hari Nur membidik gol pada menit ke-56, dan Bayu satu menit menjelang bubaran. Dua gol tim tamu dipersembahkan Alberto Beto de Paula pada menit ke-10 dan Kunihiro Yamashita (73). ”Kami bersyukur bisa memenangi partai kandang, dan sementara naik ke posisi aman. Semoga saat bertandang ke Persela Lamongan kami bisa mengulangi keberhasilan yang sama,” ujar Hari Nur.

Kemenangan PSIS terbilang dramatis. Mereka tertinggal 0-1 hingga akhir babak pertama. Padahal, di awal pertandingan pasukan tuan rumah aktif menekan lawan. Proses adaptasi permainan yang dilakukan Perseru pada paruh pertama lantas menghasilkan gol. Menerima umpan silang, Beto melepaskan sepakan memutar yang berhasil menembus gawang Jandia Eka Putra. Tertinggal 0-1, PSIS lebih berani menekan. Sayang, peluang tendangan bebas dan sundulan Bruno masih gagal.

Memasuki babak kedua, PSIS mampu mengejar ketertinggalan dengan memaksimalkan bola mati. Eksekusi penalti Bruno pada menit ke-52 mengubah skor menjadi 1-1. Gol itu membangkitkan semangat Mahesa Jenar. Pada menit ke-56 Hari Nur mencetak gol untuk membalikkan kedudukan. Kapten baru PSIS yang sudah total mencetak delapan gol bagi timnya itu memanfaatkan umpan Bayu di dalam kotak penalti. Dalam kondisi memimpin, Mahesa Jenar semakin panas. Sepakan bebas Bruno dari jarak sekitar 28 meter mengubah kedudukan menjadi 3-1. Ini gol ketujuh bagi striker berkepala pelontos asal Brasil ini.

Ketinggalan dua gol membuat skuad asuhan I Putu Gede tersengat. Yamashita mengubah skor menjadi 2-3 melalui tendangan voli memanfaatkan sepak pojok. Mendekati menit-menit akhir PSIS terus menekan. Bayu akhirnya mengetarkan gawang Perseru untuk memastikan kemenangan. (rr)