blank
Kepala BPBD Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto (tengah) menyerahkan bantuan logistik kepada warga yang menjadi korban bencana puting beliung di wilayah Kecamatan Jatisrono, Wonogiri.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Sebagai prajurit TNI dan insan Bhayangkara, personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan anggota Polsek Jatisrono, tampil mempelopori kerja bakti di wilayah bencana. Itu dilakukan bersama para anggota Pramuka, Pamong Desa, aparat Kantor Kecamatan Jatisrono dan warga masyarakat, Sabtu (22/9), bergotong-royong kerja bakti di wilayah bencana. Yakni melakukan pembersihan pohon yang tumbang malang melintang, menyingkirkan puing-puing rerentuhan rumah yang roboh dan rusak, dilanjutkan melakukan perbaikan rumah-rumah yang rusak, agar dapat segera dihuni kembali oleh pemilik bersama anggota keluarganya. Upaya ini, dilakukan dalam kiat pemulihan pasca-bencana puting beliung.

Sebagaimana diberitakan, bencana puting beliung telah melanda 3 wilayah desa di Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Jumat petang (21/9). Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang haryanto, menyatakan, bencana puting beliung itu berupa hujan deras yang disertai angin pusar. Dampaknya, menumbangkan puluhan pohon, merusak dan merobohkan 14 rumah warga, serta menyebabkan seorang warga tewas. Anggota DPRD Wonogiri, Tuharno, yang juga tokoh masyarakat Jatisrono, menyatakan, korban tewas, Kakek Djiwo Wiyono (80) warga Dusun Bularejo RT 2/RW 3, Desa Gunungsari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri. Kakek dari Nanang Sound System ini, tewas kerobohan rumah yang tertimpa pohon Petai yang tumbang.

Terkait bencana tersebut, Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) M Heri Amrulloh melalui Danramil-14 Kapten (Inf) Subandi, telah menerjunkan personel Koramil bersama Babinsa, untuk mempelopori kerja bakti dalam upaya meringankan beban penderitaan para korban. Kerja bakti massal ini, melibatkan pula para anggota Pramuka dari Saka Wira Kartika asuhan Kodim Wonogiri, untuk ikut serta bekerja bakti bersama warga masyarakat di lokasi bencana.

Gotong royong kerja bakti ini, dipusatkan di rumah Ratno (46) di Dusun Ngadipiro RT 2/RW 8, Kelurahan Tanjungsari. Yakni memperbaiki bagian rumah yang rusak serta melakukan pembenahan pada kerusakan atap dan genting yang dilanda puting beliung. Babinsa Desa Tanjungsari Serda Lasto dan Serda Fredy, memimpin sekitar 30 warga yang dikerahkan oleh Ketua RT Sulardi. Mereka dibantu oleh para anggota Pramuka dari Saka Wira Kartika binaan Koramil Jatisrono.
Kepada warga masyarakat, Babinsa Serda Lasto, menyerukan, untuk meningkatkan kewaspadaannya manakala datang hujan dan angin, supaya berhati-hati dalam upaya mengamankan diri beserta keluarganya. Kepada warga, juga diimbau agar memotong pohon besar yang berdekatan dengan rumah pemukiman. Ini sebagai antisipasi manakala roboh tidak membahayakan bagi keselamatan warga masyarakat yang berada di rumah.(suarabaru.id/bp)