Bagikan
KERETA KUDA : Usai prosesi gerbang pora, 25 purnawirawan bersama isteri, Kapolres dan istri, pejabat utama Polres serta istri, diarak keliling kota naik kereta kuda hias. Foto : Wahono

BLORA – Keluarga besar Polres, memberi penghargaan luar biasa kepada 25 anggotanya yang purna tugas (purnawirawan), yakni dengan prosesi gerbang pora, dan penghormatan khusus dipimpin langsung Kapolres AKBP Saptono.

Setelah prosesi gerbang pora, 25 purnawirawan Polres Blora yang terdiri tiga orang  berpangkat perwira menengah, delapan orang perwira pertama, dan 14 orang bintara, diarak dengan kereta kuda berhias.

“Tradisi pelapasan ini, untuk memberi penghormatan secara khusus kepada para  senior kami,” jelas Kapolres AKBP Saptono SIK, MH, Senin (17/9).

Untuk memberi penghormatan para seniornya itu, digelar karpet merah memanjang di depan Mapolres, sekaligus untuk memberikan penghargaan (pelepasan) para purnawirawan dari akhir masa tugasnya pada 2018 ini.

Tampak pasukan pedang pora dengan sigap memberi penghormatan, saat para purnirawan yang datang bersama istrinya, berjalan perlahan di atas karpet merah, dengan iringan musik khas bertalu-talu.

Keliling Kota

Meskipun mereka berusaha tersenyum, dan ditebari kembang oleh para polisi wanita (Polwan), suasana haru tetap terlihat di deretan personil yang lebih dari separuh masa hidupnya mengabdi dan berbakti untuk korps Bhayangkara.

“Lah iya, sepertinya koq baru kemarin melaksanakan tugas sebagai Polisi, padahal saya sudah 40 tahun mengabdi ,” ungkap Kompol (purn) Sumaidi selesai gerbang pora.

Tidak hanya sampai di prosesi gerbang pora, para prunawirawan bersama istrinya, di arak keliling Kota Blora menggunakan dokar.

Saat acara keliling naik kereta berkuda itu, Kapolres Blora dan Ketua Cabang Bhayangkari Putri Saptono, Wakapolres Kompol Samdani, para pejabat utama (Pju) Polres beserta istri ikut naik andong yang dihias aneka asesories.

Kapolres Blora berharap, para purnawirawan korp baju coklat itu tetap menjalin komunikasi dengan jajarannya, dan selalu menjaga silahturahmi serta persaudaraan sampai kapanpun.

Dalam kesempatan itu, AKBP Saptono mengaku bangga, meskipun sudah purna bhakti, namun para seniornya itu masih semangat, tampak gagah, dan tidak ada perubahan fisik.

“Terus terang kami bangga pada para senior, kami mohon bimbingan dan jalinan persaudaraan terus terjaga,” kata Kapolres Blora AKBNP Saptono(suarabaru.id/wahono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here