blank
Para siswa SMA Negeri 1 Manyaran, disamping mendapatkan pembekalan tentang Wasbang dan bela negara, juga diberikan pelatihan baris-berbaris oleh personel TNI dari Koramil Manyaran.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Pemahaman tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada para murid, dilaksanakan di aula SMK Negeri 1 Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Tampil memberikan materi pemahaman Wasbang, Danramil-13 Pracimantiro Kapten (Cba) Budi Waluyo, dalam upaya menanamkan jiwa patriotik bela negara, dalam upaya menumbuhsuburkan rasa cinta terhadap Tanah Air. Meteri ini, diberikan kepada 120 siswa baru SMK Negeri 1 Pracimantoro.
Turut hadir mendampingi para siswa, Kepala SMK Negeri 1 Pracimantoro, Putra Jaya, bersama Guru Pembina Osis. Oleh Danramil Kapten (Cba) Budi Waluyo, diberikan pemahaman tentang sejarah kemerdekaan bangsa dan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang membentang sejak dari Sabang sampai Merauke, yang itu dulu telah diperjuangkan oleh para pejuang Indonesia, dengan mempertaruhkan senegap jiwa dan raganya. ”Kita semua wajib memahaminya, dan berkewajiban pula untuk mempertahankan keutuhan NKRI, demi membangun kejayaan bangsa di Tanah Air,” tegas Kapten (Cba) Budi Waluyo.
Bela negara, tandas Danramil Kapten (Cba) Budi Waluyo, bukan hanya terbatas pada perang mengangkat senjata, tapi segala sikap positif komponen bangsa, dalam ikut mengisi kemerdaan RI, dengan segala eksistensi sikap bertanggungjawab kepada negaranya. Termasuk para pelajar, yang senantiasa giat dan rajin belajar, serta bersikap patuh dan menghormati para gurunya, itu menjadi bagian dari sikap bela negara yang dilakukan oleh para siswa.
Di kesempatan tepisah, kegiatan yang sama juga dilaksanakan di SMA Negeri 1 Manyaran, Kabuaten Wonogiri. Para siswa diberikan pemahaman dan pembekalan tentang Wasbang, ideologi negara dan empat pilar kebangsaan. Ini dilakukan, dalam upaya menumbuhkan sikap bela negara untuk mengembangsuburkan rasa cinta terhadap Tanah Air. Tampil memberikan materi pemahaman Wasbang dan bela negara, Babinsa dari Koramil-11 Manyaran Kodim 0728 Wonogiri, Sertu Suryadi dan Serda Sahid. Oleh dua anggota Babinsa ini, para siswa juga diberikan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB).
Menurut Kepala SMA Neger 1 Manyaran, Suprapto, materi yang diberikan personel TNI ini, sangat positif guna memotivasi anak-anak, agar timbul kesadaran untuk bersikap disiplin, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Diharapkan, melalui pembekalan Wasbang, ideologi negara dan pembinaan melalui PBB ini, para siswa akan terbina karakternya, tumbuh sikap dan jiwa patriotismenya, serta rasa cinta terhadap NKRI.(suarabaru.id/bp)