Bagikan

SEMARANG-Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Unissula akan menyelenggarakan acara Workshop Finalisasi Buku Panduan Literasi Digital bersama dengan Jaringan Pegiat Literasi Digital Indonesia  (JAPELIDI) pada hari Jum’at-Sabtu 14-15/9/2018.

Japeldi adalah Komunitas yang didirikan oleh akademisi peneliti dan pegiat literasi digital di Indonesia yang dibentuk sejak tahun 2017. Workshop ini adlah bagian dari rangkaian kegiatan Japelidi di tahun 2018.

Pada saat awal pendirian di tahun 2017 beragam kegiatan sudah dilakukan japelidi, di antaranya adalah Penelitian “Pemetaan Gerakan Literasi Digital di Indonesia 2010-2017” yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM).

Penelitian ini dilakukan oleh 56 peneliti dari 28 prodi 26 perguruan tinggi di 9 kota (Yogyakarta, Salatiga, Malang, Semarang, Surakarta, Bandung, Banjarmasin, Bali, Jakarta).

Japelidi juga menyelenggarakan Konferensi Literasi Digital yang dihosted oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan diikuti oleh 200 peserta dengan menyajikan 30 makalah yang sudah diterbitkan di Jurnal Informasi UNY.

Japelidi juga sudah mempublikaskan hasil penelitian bersama tersebut ke dalam Jurnal Informasi UNY, The Conversation. Coverage Media hasil penelitian Japelidi yang dimuat di berbagai media baik offline maupun online membuat nama Japelidi sebagai komunitas akademisi dan peneliti ini walaupun baru berusia 2 tahun sudah dikenal dalam gerakan literasi nasional .

Di tahun 2018 Japelidi mencoba membuat buku seri panduan literasi digital dengan acuan sepuluh tahapan literasi khas Japelidi yaitu mulai dari mengakses hingga kolaborasi, dan direncanakan akan  ada 12 buku panduan dari 12 program studi dari 6 kota yang berbeda yaitu Yogyakarta, Semarang, Solo, Denpasar, Bandung dan Jakarta.

Buku yang direncanakan akan dilaunching bersamaan dengan launching buku seri literasi digital Siberkreasi sebagai sebuah gerakan nasional untuk menanggulangi ancaman terbesar Indonesia yaitu penyebaran konten negatif melalui internet seperti hoax, cyberbullying dan online radicalism.

Workshop yang akan berlangsung dua hari ini juga akan membahas tentang program Japelidi di tahun 2019 dan perumusan keanggotaan dan system dokumentasi Japelidi.

Dari Hasil workshop ini diharapkan akan ada kontribusi Japelidi dalam rangka melakukan gerakan literasi digital dmelalui perspektif media dan perspektif tematik sehingga bisa berkontribusi lebih luas lagi dalam mengembangkan ragam literasi digital dengan kerangka pemahaman yang lebih kreatif dan memberdayakan kepada kelompok sasaran yang beragam. Contact Person :Made (08122814746), Novi (081392416929), Dyna (08179406904).(suarabaru.id/rl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here