blank
Valen Gabriela siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Magelang (kanan) meraih dua medali perak Kejurnas Selam di Karimunjawa foto bersama Kepala Sekolah Nurwiyono (tengah), (Suarabaru.id/dok)

 

MAGELANG- Valen Gabriela, atlet olahraga selam Kota Magelang berhasil meraih prestasi membanggakan di tingkat nasional. Valen meraih dua medali perak pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Selam Nomor Laut 2018 di Pulau Karimunjawa, 27-29 Agustus 2018.

Pada kejurnas yang diselenggarakan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia, siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Magelang itu turun di dua nomor yang dipertandingkan. Yaitu 3000 m dan 6000 m. Di dua nomor ini Valen meraih dua medali perak.

‘’Saya sangat senang dan bangga sekali bisa meraih medali. Apalagi sekarang dalam masa persiapan Porprov Jateng 2018 di Solo, sehingga makin memotivasi saya untuk nantinya meraih emas,’’ katanya kepada wartawan di sekolahnya, kemarin.

Menurutnya, olahraga selam laut sebenarnya baru digeluti, sedang sebelumnya selam di kolam. Kejuaraan baru dua kali diikuti, dan pada kedua kejuaraan itu mampu meraih medali.

‘’Sebelum di Karimunjawa, saya ikut kejuaraan selam di Laut Manado. Di Manado dapat satu perak dan satu perunggu. Dari situ saya didorong pelatih untuk ikut kejuaraan di Karimunjawa dan bersyukur bisa meraih medali juga,’’ ungkapnya bangga.

Saat Kejurnas Selam Karimunjawa, remaja kelahiran Magelang, 16 Desember 2004 itu harus bersaing dengan atlet-atlet lainnya yang lebih berpengalaman. Namun Valen tetap percaya diri dan bertekad untuk meraih prestasi membanggakan.

‘’Tadinya termotivasi untuk perbaiki waktu, ternyata juga dapat medali. Di nomor 3000 m catatan waktunya 40:29, sedangkan catatan waktu di nomor 6000 m 1:27:26. Target perbaikan catatan waktu terlampaui dan berhasil bawa pulang medali juga,’’ terangnya.

Putri pasangan Yedijah Edwin dan Yohana Subekti ini menerangkan, setelah ini akan fokus pada Porprov Jateng 2018 di Solo memperkuat kontingen Kota Magelang yang berjumlah 5 atlet selam. Valen akan turun di nomor 100 m kolam, 2000 m laut dan 3000 m laut. Medali emas adalah targetnya, sehingga dapat membanggakan orang tua dan daerah serta masuk PON.

‘’Latihan menyelam pagi dan sore hari serta menggenjot fisik agar lebih kuat lagi. Dengan dukungan orang tua, mudah-mudahan saya bisa mencapai target nantinya,’’ harapnya.

Valen juga pernah meraih medali emas di nomor 200 m kolam kejuaraan selam tahun 2015 di Surabaya.

Kepala SMP Negeri 1 Magelang, Nurwiyono menuturkan, dirinya sangat mendukung kegiatan Valen di olahraga selam dan mendorongnya untuk terus berprestasi. Pihak sekolah memberi keleluasaan pada Valen untuk mengikuti berbagai jenis kejuaraan selam.

‘’Kami memberi kemudahan anak-anak yang ingin berprestasi di bidang olahraga apapun. Saat ada rekomendasi dari dinas, saya langsung menyetujui siswa/siswi yang akan berlaga. Selain anak kami unggul di bidang akademik, juga dapat unggul di olahraga dan bidang lainnya,’’ tuturnya didampingi Humas Komite SMPN 1 Magelang, Rahayu Sri Hastuti. (Suarabaru.id/dh)