blank
Harry Kane/dok

 

LONDON – Sukses Inggris menembus semifinal Piala Dunia 2018 dinilai belum meyakinkan. Pasalnya, The Three Lions sering kedodoran jika bertemu tim besar. Pandangan miring itu akan coba ditegakkan ketika skuad Tiga Singa bertemu Spanyol pada laga pertama Liga 1 Grup 4 UEFA Nations League di Stadion Wembley, London, Minggu (9/9) dini hari WIB. Sebuah kemenangan atas juara dunia 2010 tersebut bakal menaikkan reputasi Harry Kane dan kawan-kawan.

Pada partai persahabatan dua tahun lalu di Wembley, kedua tim berbagi skor 2-2. Dalam rekor pertemuan, Inggris memang unggul dengan 13 kemenangan. Sementara La Furia Roja punya sembilan kemenangan. Pelatih Inggris Gareth Southgate bertekad meneruskan performa positif di Piala Dunia Rusia. Dia tetap mengusung skema paten 3-5-2. Format tiga bek plus lima gelandang terbukti efektif sejauh ini.

Di lini depan, Harry Kane tetap menjadi tumpuan untuk menjebol gawang pasukan tamu. Untuk partner striker asal Tottenham Hotspur itu, Southgate bakal memilih antara Marcus Rashford dan Raheem Sterling.

Bagaimana dengan La Furia Roja? Pertandingan melawan Inggris akan menjadi debut bagi pelatih Luis Enrique. Mantan entrenador Barcelona itu menggantikan Fernando Hierro yang mengundurkan diri. Enrique punya tugas mengembalikan kualitas dan ketangguhan Tim Matador yang hanya bertahan pada babak 16 besar di Piala Dunia 2018. Demi menjaga keutuhan dan fokus, dia melarang para pemain memegang telepon genggam ketika makan.

Enrique menjanjikan permainan cantik dan menyerang. Dia mencoret bek kiri Barcelona Jordi Alba, tapi memasukkan muka-muka baru seperti Pau Lopez, Jose Gaya, dan Dani Ceballos. Dia menyiapkan formasi 4-3-3. Pemain-pemain Real Madrid mendominasi starter dengan keberadaan Sergio Ramos, Dani Carvajal, Nacho Fernandez, Marco Asensio, dan Isco. (rr)