blank
Gustur Cahyo Putro (kanan/dok)

MAGELANG – Lini depan PSIS Semarang masih menjadi sorotan head coach Jafri Sastra meski timnya mampu menang telak atas klub Liga 3 Jateng, PSD Demak, dengan skor 5-0 di Stadion Gemilang Kabupaten Magelang, Rabu (5/9) sore. Mantan pelatih Persipura Jayapura itu melihat banyak peluang yang disia-siakan timnya pada laga latih tanding keduanya selama menjadi juru taktik Haudi Abdillah dan kolega. Jafri memiliki waktu sekitar sepekan untuk bisa mengatasi masalah tersebut.

“Tadi pemain masih belum konsisten. Pada babak pertama mereka unggul tiga gol itu sudah baik. Namun, pada babak kedua, walau unggul dan permainan berkembang, mereka banyak buang peluang. Masalah penyelesaian akhir masih harus ditingkatkan lagi,” ungkap Jafri. Selain penyelesaian akhir, organisasi permainan dan komunikasi masih menjadi catatan pelatih asal Payakumbuh Sumatera Barat ini. Namun, dia juga mencatat beberapa perkembangan positif.

“Secara umum, kami tidak melihat hasilnya dalam uji coba kali ini. Uji coba ini sebagai salah satu cara untuk melihat perkembangan mereka dari segi fisik, mental dan kepercayaan diri. Sejauh ini hasilnya cukup baik,” papar. Dia juga tidak mempermasalahkan hanya melawan klub Liga 3, setelah kalah 0-2 dari PSS Sleman yang merupakan kontenstan Liga 2 pada uji coba 26 Agustus lalu.

Manajemen klub diakuinya kesulitan mencari tim Liga 1 untuk diajak uji coba. ”Memang idealnya harusnya satu level. Untuk kondisi saat ini kami tidak bisa mencari lawan tanding di Liga 1. Di sisi lain tentu motivasinya akan berbeda, karena pemain juga akan menghindari cedera. Jadi melawan tim di bawah level tidak masalah,” papar Jafri.

Dia mencoba sebagian besar pemain yang ada di tim. Hal ini untuk memberikan jam bermain dalam jeda kompetisi kepada pemain. “Semua pemain harus merasa bertanggung jawab dalam tim walau tidak dimainkan. Ketika dia dipercaya bermain, tentu dia harus tanggung jawab penuh,” tandasnya. Gol-gol kemenangan Laskar Mahesa Jenar dalam laga ini dicetak melalui dua kali sontekan Komarodin dan satu gol Bruno Silva di babak pertama. Sementara di paruh kedua, PSIS menambah gol melalui Melkior Leideker Majefat dan Abou Bakr Al Mel. Jafri masih menerapkan formasi andalannya, yakni 4-2-3-1. (rr)