blank

JAKARTA-Pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen hari ini dilantik Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah. Selain Ganjar-Yasin, ada 8 pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur lainnya yang dilantik. Pelantikan ini maju dari rencana semula yakni 17 September 2018.

Menurut Dirjen Otonomi Daerah Soemarsono, percepatan pelantikan ini selain memang sejauh ini tidak ada masalah yang dihadapi ke 9 pasangan itu, seperti tidak adanya gugatan ke Mahkamah Konstitusi, juga memberikan kesempatan kepada pasangan tersebut untuk bekerja lebih cepat.

“ Pak Presiden menghendaki agar pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur itu cepat bekerja membangun daerahnya, sehingga program untuk kesejahteraan rakyat segera berjalan baik”, jelas Sumarsono kepada pers di Jakarta, Rabu (5/9).

Ganjar mengaku tidak tahu pasti pengajuan  pelantikan ini, menurut informasiyang diperolehnya dari Istana, Presiden Joko Widodo akan melakukan kunjungan kerja ke luar negeri pada 17 September 2018.

Tetapi menurut politisi PDI Perjuangan itu, pelantikan ini semata mata  memberi kesempatan  pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih untuk cepat bekerja untuk rakyat.

Pelantikan ini akan dilakukan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, terhadap sembilan pasangan Gubenur dan Wakil Gubernur antara lain, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Papua, Sulawesi Tenggara, NTT, Bali.(suarabaru.id/sl)