Bagikan
Kecuali mementaskan ketoprak, bersamaan dengan malam respsi peringatan tujuhbelasan di Kecamatan Bulukerto, Wonogiri, juga ditandai pembagian tropi dan hadiah juara perlombaan. Danramil setempat, kampten (Inf) Tono, berkenan ikut menyerahkan hadiah juara lomba kepada pemenangnya.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Pentas ketoprak dalam ikut memeriahkan malam resepsi Agustusan, digelar di dua kecamatan di Kabupaten Wonogiri, yakni di Kecamatan Pracimantoro dan Kecamatan Purwantoro. Ini untuk menyemarakkan malam resepsi Bulan Merdeka, terkait dengan rangkaian peringatan HUT Ke 73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2018. Juga sekaligus untuk ‘nguri-uri’ (melestarikan) ketoprak, sebagai potensi kesenian rakyat yang memiliki nilai kearifan lokal (local wisdom).
Menurut Camat Pracimantoro, Warsito, pentas ketoprak yang digelar di Pendapa Kantor Kecamatan Pracimantoro ini, mengambil lakon ‘Wahyu Kraton Kasenopaten,’ dimanikan para seniman-seniwati dari Desa Sambiroto, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. ”Sebagai kesenian tradisional, mari kita peduli melestarikan ketoprak, agar tidak punah dilibas oleh kemajuan zaman,” tandas Camat Pracimantoro, Warsito.
Turut hadir dalam malam resepsi tersebut, Danramil-13 Pracimantoro Kapten (Cba) Budi Waluyo, Kapolsek AKP Dwi Krisyanto, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Sumanto beserta para pimpinan dinas dan instansi termasuk pimpinan Puskesmas, para kepala desa, lurah serta tokoh masyarakat, tokoh agama dan ratusan warga masyarakat. Dalam kesempatan tersebut, Camat Pracimantoro berkenan menyerahkan hadiah aneka lomba yang diadakan untuk memeriahkan peringatan HUT Ke 73 Kemerdekaan RI. Yakni lomba karnaval pawai budaya, ronda trethek, poskamling, lomba memasak cipta menu kuliner dan lain-lain. Dalam kesempatan itu, Camat Warsito, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta berpartisipasi dalam berbagai kegiatan acara memperingati HUT Ke 73 Kemerdekaan RI, yang semuanya berjalan lancar, aman, tertib dan sukses.
Pagelaran kesenian ketoprak untuk memeriahkan resepsi peringatani HUT Ke 73 Kemerdekaan RI juga digelar di Dusun Wates Kulon RT 4/RW 1, Desa Bangsri Kecamatan Purwantoro (50 Kilometer timur Kota Wonogiri). Menampilkan lakon ‘Joko Tarub Dewi Nawangwulan’ yang merupakan ceritera legendaris bagi masyarakat Jawa. Hadir pada acara tersebut, Danramil-19 Purwantoro Kapten (Kav) Subagyo, Serka Suhargo, Serma Puji Arpandi beserta jajaran Forkompincam, Kades Bangsri, Sariyanto bersama pamong desa dan ratusan masyarakat. Kades Sariyanto, menyatakan, pagelaran ketoprak kali ini untuk memeriahkan malam tasyakuran dan sekaligus sebagai upaya membangkitkan kembali kesenian ketoprak, yang selama ini mengalami mati suri, ibarat bagai mati enggan hidup pun tidak berkembang.
Acara resepsi memperingati HUT Ke 73 Kemerdekaan RI Tahun 2018, juga digelar di Kecamatan Bulukerto (60 Kilometer timur laut Kota Wonogiri). Hadir dalam acara ini, Camat Bulukerto, Bahari, Danramil- 21 Kapten (Inf) Tono dan Batuud Pelda Suparmo, Kapolsek yang diwakili Bripda Fajar, para pimpinan dinas dan instansi tingkat kecamatan, para Kades dan Lurah se Kecamatan Bulukerto serta tamu undangan lainnya. Sebelumnya, resepsi peringatan HUT Ke 73 Kemerdekaan RI juga digelar di Pendapa Kecamatan Manyaran, dihadiri Camat setempat Imam Rahmat Santosa, Kapolsek Iptu Abu Bakar Sidiq bersama jajaran Forkompincam, para Kades dan Lurah, pimpinan dinas instansi dan tokoh masyarakat. Ditampilkan hiburan aneka sajian kesenian, dan dilakukan pembagian hadiah bagi para juara lomba tujuhbelasan.(suarabaru.id/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here