Bagikan
Tim Pengabdian pad masyarakat FE Unissula mengadakan pemberdayaan Masjid

SEMARANG-Dosen Fakultas Ekonomi (FE) Unissula melakukan Pengabdian pada masyarakat bertemakan “Manajemen dan Pembuatan Laporan Keuangan Masjid untuk Kemaslahatan Umat” di masjid Al Marwah Desa Polobogo,kecamatan Getasan Kabupaten Semarang(26/8). Pelatihan diikuti  30 takmir masjid dan mushala dari 9 dusun, yang merupakan desa binaan Unissula.

Menurut Dr Moch Zulfa MM salah satu pemateri,fungsi masjid saat ini mengalami degradasi, hanya sebagai tempat ibadah saja. Padahal di zaman Rasulullah masjid sebagai pusat kegiatan atau ibadah sosial. “Masjid hendaknya menjadi magnet atau daya tarik untuk menjawab kebutuhan masyarakat,” katanya

Makmur tidaknya masjid merupakan salah satu indikasi beriman tidaknya masyarakat sekitarnya. Selain dari segi jumlah jamaahnya, indikator kuantitas jamaah juga jamaah yang makmur secara ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.

“Kami mengarahkan para pengurus masjid untuk membuat program kemakmuran misalnya dengan mengadakan pengajian, pelatihan, penyuluhan kesehatan, bimbingan ujian nasional, dan lain-lain yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” imbuhnya

Maka, lanjut Zulfa, masjid harus memiliki database profil masyarakat yang ada di sekitar masjid tersebut, sehingga program-program dilaksanakan tepat sasaran.

Sementara itu menurut Drs Osmad Muthaher MSi selaku pengarah dan pra pelaksana acara, masjid harus bisa amanah secara keuangan. Pengelolaan keuangan di masjid-masjid desa, masih dilakukan secara manual. Oleh karena itu FE Unissula siap melakukan pendampingan.

Dalam kesempatan ini Tim Pengabdian pada masyarakat FE Unissula keliling ke desa-desa, memberikan penyuluhan dan pelatihan, dan akan terjun langsung jika memang dibutuhkan. ”

program pengabdian ini telah dilaksanakan selama 8 tahun.Kami ingin memberi kesadaran kepada masyarakat untuk lebih menghidupkan peran masjid.” Pungkasnya.(suarabaru.id/Ch)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here