Bagikan
Kak Mabiran Camat Jatiroto, Andika Krisnayana (ketiga dari kanan) didampingi Kasek SMK Negeri 1 Jatiroto, Gunarsi (ketiga dari kiri), foto bersama dengan guru pembina dan personel Polsek Aiptu Gunawan (kiri).(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Peserta Perkemahan Penegak (Perpegak), diseru untuk suka hati melaksanakan kegiatan kepanduan yang telah diagendakan. ”Jangan ada yang main watak, bersikaplah kompak bersama teman sesama peserta Perpegak. Jangan ada yang cari enak sendiri, dengan tega memakan tulang kawan. Lakukan dengan senang hati, rasa gembira, dan dengan hati yang ikhlas,” tegas Camat Jatiroto, Andika Krisnayana, selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) tingkat Kecamatan Jatioroto, Wonogiri.
Camat Andika Krisnayana menegaskan hal ini, ketika tampil menjadi pembina upacara pembukaan Perpegak di Lapangan Desa Jatirejo, Kecamatan Jatiroto (40 Kilometer timur Kota Wonogiri). Perpegak ini digelar oleh SMK Negeri 1 Jatiroto pimpinan Kepala Sekolah (Kasek) Gunarsi. Memberikan keterangan dengan didampingi Guru Pembina Pramuka, Nina Hartanti, lebih lanjut dijelaskan, Perpegak Ke VII Tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Dewan Ambalan Kamajaya-Kamaratih Gugus Depan (Gudep) SMK Negeri 1 Jatiroto ini, diikuti 320 siswa Kelas X. Dikemas dalam kegiatan bertema ‘Terampil, Gembira dan Berkarakter.’
Perpegak berlangsung sejak Senin (27/8) sampai dengan Rabu (29/8), dibuka resmi oleh Camat Jatiroto, Andika Krisnayana, selaku Kak Mabiran. Perpegak ini, ditujukan kepada para siswa Kelas X, sebagai ajang peningkatan ‘grade’ kepanduan dari semula berstatus sebagai Penggalang menjadi Penegak. Selama tiga hari melaksanakan Perpegak, para peserta diajarkan beragam ilmu kepanduan dan aneka ketrampilan di bidang ke-Pramuka-an yang mengacu pada Dasa Dharma. Melalui Perpegak ini, para siswa diberikan pembekalan agar dapat meningkatkan jiwa dan semangat kemandirian, sekaligus belajar menjalani kehidupan dengan cara menyatu pada alam lingkungan di bumi perkemahan Lapangan Desa Jatirejo.
Dalam upacara pembukaan, ikut Danramil-16 Jatiroto yang diwakili Batuud Peltu Sutarno, Kapolsek Jatiroto diwakili Kanit Binmas Aiptu Gunawan, Kasek Gunarsi, Kepala Desa (Kades) Jatirejo, Wardiyono, Ketua Panitia Pelaksana Perpegak, Nina Hartanti, para Guru Pembimbing beserta karyawan-karyawati SMK Negeri I Jatiroto berikut para personel panitia.
Selaku Kak Mabiran, Camat Andika Krisnayana, menekankan, kegiatan Perpegak merupakan ajang untuk mendidik siswa agar mandiri, disiplin, bertanggungjawab, dalam upaya membentuk karakter siswa sebagai generasi muda bangsa yang tangguh dna handal untuk menyongsong masa depan. Ikutilah semua petunjuk dari pembina, guru, dan para senior. Jaga kesehatan, agar dapat menjalani kegiatan ini sampai agendanya berakhir.(suarabaru.id/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here