Bagikan
Alvaro Odriozola/dok

MADRID – Kehilangan Cristiano Ronaldo yang pindah ke Juventus langsung membawa dampak negatif bagi Real Madrid. Stadion Santiago Bernabeu tak lagi dipadati penonton. Ketika Los Blancos mengalahkan Getafe 2-0 pada laga pertama La Liga musim 2018-2019, akhir pekan lalu, Bernabeu hanya diisi 48.446 penonton dari total 81.044 tempat duduk. Jumlah itu merupakan yang terendah dalam 10 tahun terakhir.

Suasana lesu di Bernabeu ini jelas berita buruk bagi manajemen Si Putih. Jumlah penonton terendah sebelumnya adalah 44.270 pada 24 Mei 2009 dalam duel melawan Real Mallorca. Sebagai perbandingan, AS melaporkan pada partai kandang pertama tahun lalu disaksikan 61.739 penonton. Saat itu El Real ditahan Valencia 2-2 pada 27 Agustus 2017. Kepergian Ronaldo merupakan salah satu faktor yang diyakini mengurangi minat suporter Madrid menyambangi Bernabeu.

CR7 menjadi andalan Los Merengues selama sembilan musim dengan mencetak 450 gol dalam 438 pertandingan. Dia membantu Madrid memenangi empat titel Liga Champions termasuk tiga terakhir yang diraih secara beruntun. Manajemen Si Putih tampaknya bakal mendatangkan paling tidak seorang megabintang untuk menutup ketiadaan Ronaldo. Presiden Florentino Perez siap berjibaku demi mengerek kembali popularitas klubnya.

Julen Lopetegui, pelatih baru El Real yang menggantikan Zinedine Zidane, memang tak mau jor-joran. Dia baru mendatangkan Alvaro Odriozola, bek kanan Real Sociedad. Lopetegui punya keyakinan mampu menggarap skuad yang ditinggalkan Zidane. Posisi Ronaldo sekarang ditempati Gareth Bale. Sayang, winger berkebangsaan Wales itu belum tampil segarang CR7. (rr)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here