Bagikan
Takmir Masjid Al-Falah Kampung Madyorejo, Kelurahan Jetis, Kecamatan dan Kabupaten Sukoharjo, juga peduli membagikan daging kurban lintas kabupaten. Yakni ke tiga desa di 3 kecamatan di Kabupaten Wonogiri.(suarabaru.id/bp)

SUKOHARJO – Umat Islam di Kampung Madyorejo RT 1/RW 7, Kelurahan Jetis, Kecamatan dan Kabupaten Sukoharjo, peduli membagikan daging hewan kurban Hari Raya Idul Adha 1439 H, kepada pemohon lintas kabupaten.

Yakni kepada masyarakat pemohon dari Desa Gambirmabis Kecamatan Pracimantoro, Desa Pucung Kecamatan Eromoko, dan Desa Ngarjosari Kecamatan Tirtomoyo, semuanya di wilayah Kabupaten Wonogiri.

Pembagian daging kurban ditangani oleh Takmir Masjid Al-Falah Kampung Madyorejo, Kelurahan Jetis, Kecamatan dan Kaupaten Sukoharjo.

Widi Hartono dan Hary Nugorho, selaku panitia kurban menyebutkan, untuk Hari Raya Idul Adha 1439 H ini, menyembelih hewan kurban sebanyak 26 ekor. Terdiri atas 5 ekor sapi dan 21 ekor kambing.

Ditambahkan oleh Begug Suwarman dari panitia kurban, penyembelihan hewan kurban dilakukan setelah umat Islam Kampung Madyorejo lebih dulu menunaikan salat jamaah Idul Adha 1439 H di Alun-alun Satya Negara Kabupaten Sukoharjo, bersama ribuan umat muslim di Kota Sukoharjo.

Hewan kurban disembelih dengan lebih dulu diawali pemanjatan doa dan penyampaian tausyiah. Selanjutnya diiris-iris oleh para ibu-ibu dan muda-mudi, untuk dibagikan berupa paket potongan daging kepada 500 warga sekitar.

Sebanyak 19 ekor kambing kurban lainnya, dibagikan sesuai dengan permohonan dari warga di luar Kabupaten Sukoharjo, yakni untuk Desa Gambirmanis di Kecamatan Praciomantoro, warga Desa Pucung di Kecamatan Eromoko dan warga Desa Ngajosari di Kecamatan Tirtomoyo di Kabupaten Wonogiri.

Hewan kurban yang dikirim untuk memenuhi permohonan masyarakat dari luar Kabupaten Sukoharjo ini, terlebih dahulu disembelih sebelum diserahkan kepada pihak pemohon. ”Ini untuk mencegah kemungkinan tindak penyalahgunaan yang dimanfaatkan untuk kepentingan lain di luar kurban,” jelas Sekretaris Panitia Kurban Hary Nugroho.

Di Wonogiri, Plt Kepala Dinas Peternakan Kelautan Perikanan Kabupaten Wonogiri, Heru Sutopo, Kamis (23/8), menyatakan, penyembelihan hewan kurban di Kabupaten Wonogiri terkait dengan Hari Raya Idul Adha 1439 H dilakukan di 25 kecamatan se Kabupaten Wonogiri. Jumlah hewan kurban yang disembelih terdiri atas sapi sebanyak 727 ekor dan kambing sebanyak 6.200 ekor serta domba sebanyak 93 ekor.

Untuk memantau kesehatan hewan kurban, telah diturunkan 14 tim terdiri atas 28 petugas. Mereka bekerjasama dengan tim kesehatan ternak di 25 kecamatan, melakukan pemantauan pada penyembelihan hewan kurban.

Hasilnya menemukan sebanyak 81 ekor sapi dan 33 ekor kambing yang terinfeksi cacing hati serta 21 ekor kambing menderita penyakit kulit atau scabies. Terhadap temuan ini, telah dilakukan penyikapan khusus untuk mengantisipasi agar daging kurban tetap sehat dan layak dikonsumsi.(suarabaru.id/bp)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here