Bagikan
Gerard Pique/dok

BARCELONA – Gerard Pique, bek tengah Barcelona, mengumumkan keputusannya pensiun dari tim nasional (timnas) Spanyol, kemarin. Piala Dunia 2018 menjadi turnamen terakhirnya bersama La Furia Roja. Pique (31) kini fokus 100 persen membela Barca. Kedatangan Luis Enrique menjadi pelatih Spanyol tak mempengaruhi keputusannya. Keduanya pernah bekerja sama di klub Catalan.

“Saya sudah berbicara dengan Luis Enrique sepekan lalu. Saya mengatakan kepadanya keputusan ini sudah dibuat cukup lama,” tutur Pique. Mantan defender Manchester United itu menambahkan, “Saya juga memikirkan matang-matang sebelum memutuskan pensiun. Saya melewati waktu yang hebat bersama Spanyol, tapi sekarang saya hanya ingin fokus bersama Barcelona.”

Sejak melakukan debut pada 2009, Pique sudah tampil 102 kali dalam seragam La Furia Roja. Dia turut mengantar negaranya menjuarai Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012. “Saya masih punya beberapa tahun lagi di Camp Nou, dan akan menikmatinya,” jelas kekasih penyanyi pop Shakira ini.

Selain World Cup dan Piala Eropa, Pique memenangi Piala Konfederasi. Di La Furia Roja, dia pernah dilatih Luis Aragones, Vicente del Bosque, Julen Lopetegui, dan Fernando Hierro. Pique sering mendapat cemoohan dari sejumlah fans Spanyol ketika berkostum La Furia Roja, setelah dia mengungkapkan pandangannya secara terang-terangan tentang kemerdekaan Catalan. Pemain bertampang kalem ini adalah pasangan Sergio Ramos di jantung pertahanan timnas.

“Saya sudah menyampaikan hal ini kepada Luis Enrique. Ini adalah masa yang indah, dan saya telah mengalami hal-hal yang menakjubkan. Namun, kadang-kadang Anda harus mengakhiri siklus, dan melakukannya dengan cara yang tepat,” paparnya. Pique mengikuti jejak eks rekannya di Barca, Andres Iniesta. Iniesta meninggalkan timnas selepas tersingkir pada babak 16 besar di Piala Dunia 2018. (rr)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here