Bagikan
Salah satu peserta unjuk kebolehan dalam lomba musikalisasi puisi tingkat SMA se-Jateng di Kota Tegal. (Suarabaru.id/nn)

TEGAL –  Balai Bahasa Jawa Tengah menggelar  Lomba Musikalisasi Puisi  tingkat  pelajar SMA selama dua hari ( 11-12/8) di Taman Budaya, Jalan Kolonel Sugiono, Kompleks PPIB Kota Tegal.

Kegiatan cukup semarak. Sebanyak   33 peserta dari jumlah semula 35 peserta karena dua di antaranya  mengundurkan diri beradu kepiawaian dalam berpuisi .

Mereka semua  merupakan perwakilan  dari berbagai kot a dan kabupaten se- Jawa Tengah.  Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah, Tirto Suwondo menyampaikan, lomba musikalisasi puisi yang digelar setiap tahun merupakan agenda rutin setiap tahun Balai Bahasa Jawa Tengah.

Lomba tersebut, kata dia, nantinya akan berjenjang ke perlombaan musikalisasi tingkat nasional, yang terbaik mewakili Jawa Tengah.

“Sasaran kami yang dominan adalah lingkunngan sekolah, dimana kami memberikan porsi yang luas untuk kepentingan siswa dan guru untuk pengembangan bahasa dan sastra,” tutur Tirto Suwondo.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, Johardi mendukung penuh kegiatan yang telah diselenggarakan oleh Balai Bahasa Jawa Tengah. “Pemerintah Kota Tegal mendukung kegiatan seni budaya apalagi bagi siswa dalam bidang kesusastraan, seni dan budaya,” ujarnya.

Ketiga Dewan Juri, Joshua Igho asal  Magelang, Darno Kartawi dosen STSI Surakarta dan Jodhi Yudono -Cilacap sepakat untuk kriteria penjurian pada penafsiran puisi, komposisi musik, keselarasan/harmonisasi, teknik vokal serta penampilan (Suarabaru.id/nin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here