blank
Plt. Walikota Tegal, M. Nur Sholeh menyampaikan sambutan dan membuka UKW ke 19 PWI Jateng di kota Tegal 10-11 Agustus 2018

TEGAL-Pelaksana Tugas Walikota Tegal M. Nur Sholeh  menyatakan kegembiraanya  pemerintah Kota Tegal dapat memfasilitasi pelaksanaan program Uji Kompotensi Wartawan ( UKW ) yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) selama 2 hari tanggal 10-11 Agustus.

Sebab dengan UKW ini pasti akan memberikan nilai tambah bagi wartawan dalam menjalankan tugas tugas jurnalistik.

“Ini jelas bagi wartawan yang mengikuti UKW akan menambah kapasitas dan kapabilitas dalam menjalankan profesinya”, ungkap Nur Sholah, saat membuka Media Ghathering dan UKW di Hotel Pesona, Kota Tegal, Jumat (10/8).

Baginya, lanjut Nur Sholeh, UKW ini pasti memberikan manfaat untuk pembangunan dan kemajuan Kota Tegal sebab yakin wartawan yang kompeten akan lebih produktif dan konstruktif dengan tulisan tulisan yang sesuai prinsip jurnalistik serta menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.

“kami akan terus mendorong agar UKW ini terus dilaksanakan, ini sangat baik, dan pemerintah akan terus memfasilitasi”, kata Nur Sholeh.

blank
Peserta UKW dari wartawan media cetak, televisi, radio dan on line, serius mengikuti Ujian

Hal Senada diungkapkan Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud NS, yang akan terus melaksankan UKW bagi semua wartawan. Selain menjadi program  primadona,  UKW telah menjadi salah satu pilar pendidikan untuk peningkatan profesional SDM wartawan.

Dengan UKW wartawan mampu mengukur kemampuanya secara teknis maupun etis dalam mengembangkan pergulatan profesi kewartawanannya. Jika aspek ini terpenuhi semua mitra kerja wartawan juga akan lebih tenang dan tenteram.

“ UKW menjadi tolok ukur penting bagi wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik. Yang pasti kiprah wartawan kompeten akan membawa ketenangan dan ketentraman mitra kerja”, jelas Amir Machmud.

UKW di kota Tegal ini diikuti  21 wartawan, masing masing 14 peserta mengikuti ujian level Muda, dan 7 wartawan level madya. Sedangkan Assesor yang menguji antara lain Sayid Iskandar Syah yang sekaligus menjabat Direktur UKW PWI Pusat, Amir  Machmud NS, Widiyartono Radyan, dan tiga pemagang assesor Isdiyanto, Suprapto, dan Setiawan Hendra Kelana.

Ikut hadir dalam UKW ini, Kabag Humas Pemkot Tegal Hendiati Bintang Takarini, sejumlah pengurus PWI Povinsi Jawa Tengah dan PWI Kota Tegal. (suarabaru.id/sl)