Bagikan
Bupati Wonogiri Joko Sutopo, melambaikan tangan kepada ribuan masyakarat yang menghadiri upacara pembukaan pasar rakyat tujuhbelasan di Lapangan Kecamatan Batuwarno.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Masyarakat Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri, menggelar pasar rakyat tujuhbelasan untuk memeriahkan penyambutan HUT Ke 73 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Event yang melibatkan ribuan penduduk ini, digelar di Lapangan Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri. Upacara pembukaannya dilakukan Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Kamis malam (9/8), dimeriahkan dengan aneka hiburan kesenian.
Hadir dalam acara ini, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri, Setyo Sukarno dan Gimanto, Danramil 16 Batuwarno Kapten (Inf) Joko Susilo bersama jajaran Forkompincam Batuwarno, Kepala Dinas dan Instansi, para Kepala Desa (Kades) dan Lurah se Kecamatan Batuwarno, para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda bersama ribuan penduduk.
Khrisma Eko Sutiyono, Camat Batuwarno, menyatakan rasa syukur bahwa malam hari ini Kecamatan Batuwarno menggelar kegiatan pasar rakyat. ”Terima kasih kepada seluruh panitia yang telah menyelenggarakan pasar rakyat ini. Juga kami menghaturkan terima kasih kepada Bapak Bupati yang berkenan hadir secara pribadi untuk membuka pasar rakyat ini,” jelasnya. Sebanyak 30 stan tampil meramaikan event pasar rakyat tersebut, untuk memajang aneka komoditas produk-produk lokal Kecamatan Batuwarno, termasuk di dalamnya beragam makanan olahan hasil ‘home industri,’ dan bermacam produk kerajinan buatan masyarakat yang merupakan potensi industri kreatif bernuansa kearifan lokal.
Ucapan syukur yang sama, juga disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri Setyo Sukarno, bahwa pada malam hari ini kita semua dapat menghadiri pembukaan pasar rakyat tujuhbelasan, dalam rangka menyambut peringatan HUT RI ke 73 di Kecamatan Batuwarno. Dalam suasana suka cita yang mewarnai terselenggaranya pasar rakyat, warga masyarakat sepatutnya berterima kasih kepada jasa para pahlawan, yang dulu telah memperjuangkan kemerdekaan RI, sehingga bangsa Indonesia terhindar dari cengekeraman penjajah. Lebih khusus lagi bagi masyarakat Kabupaten Wonogiri, yang sekarang telah menikmati hasil pembangunan terkait dilaksanakan panca program Bupati Wonogiri, yang di dalamnya menggratiskan biaya pendidikan anak sekolah di jenjang pendidikan dasar (Diksar) sampai tingkat SLP. Juga mulai Tahun 2018 ini, Pemkab Wonogiri telah memberikan pelayanan kesehatan gratis di bangsal Kelas III rumah sakit.
Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengapresiasi digelarnya pasar rakyat dalam rangka memperingati HUT Ke 73 Kemerdekaan RI, yang itu terwujud berkat dilandasi adanya semangat nasionalisme. Secara khusus, Bupati, menyampaikan sikap hormat kepada masyarakat Kecamatan Batuwarno yang dalam memaknai nilai-nilai kemerdekaan, dilandasi semangat nasionalisme dalam keberagaman, untuk senantiasa hidup guyub rukun dalam keberasamaan. ”Saya sebagai Bupati, mempunyai kewajiban melindungi dan memberikan kebijakan-kebijakan yang pro-rakyat demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Itu kita wujudkan melalui panca program,” tandas Bupati. ”Dengan mengucap Bismillahirohmannirohim, saya nyatakan pasar rakyat ini dibuka,” tegas Bupati Wonogiri Joko Sutopo disambut tepuk riuh hadirin. Dalam kesempatan tersebut, panitia pasar rakyat atas nama masyarakat Kecamatan Batuwarno, berkenan memberikan cenderamata kepada Bupati.(suarabaru.id/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here