Bagikan
Kepa Arrizabalaga/dok

LONDON – Upaya Chelsea untuk menggaet kiper Kepa Arrizabalaga semakin terbuka. Itu setelah klausul rilis penjaga gawang 23 tahun ini diaktifkan oleh Athletic Bilbao. Kepa jadi target The Blues selepas Thibaut Courtois ngotot pindah ke Real Madrid. Demi ke Madrid, Courtois memilih absen dari latihan Si Biru.

Bilbao selaku pemilik Kepa mengumumkan klausul rilis sudah diaktifkan. Klausul berada pada nominal 80 juta euro (sekitar Rp 1,3 triliun). Jika transfer ke Chelsea terwujud, Kepa menjadi kiper termahal di dunia menggusur Alisson Becker (Liverpool). Bulan lalu, Alisson meninggalkan Roma menuju Anfield dengan banderol 73 juta euro. Klausul Kepa diaktifkan lewat pengacaranya sebagaimana aturan yang berlaku di Spanyol. Si pemain harus menebus dirinya sendiri jika terikat klausul rilis, meski dana untuk menebusnya tetap akan dibayar oleh klub pembeli. Uang tersebut kemudian diterima oleh liga dan diteruskan ke klub.

Dengan aktifnya klausul rilis ini, Kepa kini tinggal terbang ke London untuk menuntaskan dokumen-dokumen, tes medis, dan tanda tangan kontrak. Pada saat yang sama, Chelsea juga bisa mengizinkan Courtois terbang ke Madrid dan menuntaskan kepindahan ke Los Blancos. Harga mahal Kepa bukan tanpa dasar. Dia adalah kiper masa depan tim nasional Spanyol. Musim lalu, kiper yang sejak kecil punya memelihara burung ini mengukir 80 penyelamatan dalam 26 penampilan di La Liga.

Itu membuatnya punya rata-rata 3,08 penyelamatan per laga, tertinggi kelima di liga. Dia total kebobolan 36 kali dan membukukan enam clean sheet. Soal hobi memelihara burung, Kepa tak semata-mata cuma mendapatkan kesenangan. Dia pernah memenangi dua kejuaraan, yakni pada 2008 dan 2010. (rr)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here