Bagikan
KIRAB PATUNG: Masyarakat menyaksikan kirab patung dewa memeriahkan HUT ke-1858 Kongco Kwan Sing Tee Koen Kelenteng Kwan Sing Bio, Tuban Jatim, akhir pekan lalu. Acara tersebut juga sebagai bentuk dukungan sukses Asian Games 2018 Indonesia. (dok)

TUBAN – Ajang Asian Games Jakarta-Palembang Indonesia 2018 mendapat dukungan seluruh lapisan masyarakat. Sebagai bentuk dukungan, Kelenteng Kwan Sing Bio, Tuban Jatim, menggelar kirab 59 patung dewa di jalan protokol Tuban, akhir pekan lalu. Acara tersebut, sekaligus memeriahkan HUT ke-1858 Kongco Kwan Sing Tee Koen kelenteng tersebut. Para peserta arak-arakan sebagian mengenakan seragam bernuansa Asian Games Indonesia.

Kegiatan berlangsung di jalan Panglima Sudirman, WR Supratman, Basuki Rahmat, Diponegoro, dan kembali ke kelenteng. Diharapkan dengan acara ini, penyelenggaraan ajang multicabang empat tahunan Asia itu berlangsung sukses. “Kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan kami terhadap penyelenggaraan Asian Games 2018. Kami sengaja membuat seragam khusus untuk itu dan dipakai para peserta kirab. Harapannya, Indonesia tak hanya sukses sebagai tuan rumah penyelenggara tetapi juga prestasi. Sehingga, nama harum olahraga Indonesia makin di kenal di kancah internasional,” tutur Koordinator Acara Alim Sugiantoro.

Alim berharap kegiatan ini berdampak positif bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Sekaligus membawa nama harum Indonesia di mata dunia dengan terselenggaranya Asian Games XVIII yang digelar di Indonesia. Dia mengajak seluruh masyarakat bersatu demi Indonesia. “Patung yang diarak dari berbagai kelenteng yang ada di Indonesia seperti Jawa, Madura, dan Lombok. Ini melambangkan persatuan yang kuat. Dan berbaurnya budaya kelenteng dengan masyarakat Indonesia,” tandas Alim.

Sebelum kirab, masyarakat dihibur oleh artis nasional Bunga Citra Lestari. Wanita yang akrab disapa BCL itu tampil memesona dengan membawakan beberapa lagu hits-nya seperti ”Aku dan Dirimu”, ”Aku Pasti Datang”, dan ”Aku Tak Mau Sendiri”. “Tidak setiap tahun ada arak-arakan seperti ini. Ritual kirab patung dewa ini merupakan kehendak dari yang mulia Kong Co,” jelas pengusaha properti ini. (rr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here