blank
Semua anggota Polres Wonogiri tanpa kecuali, menjalani pemeriksaan urine, dalam upaya mendeteksi apakah ada diantara mereka yang terindikasi menyalahgunakan narkoba.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Kapolres AKBP Robertho Pardede, turun langsung memimpin pemeriksaan urine secara massal yang dilakukan mendadak kepada semua anggota. Langkah ini diakukan, untuk mengetahui ada tidaknya anggota yang menggunakan narkoba. Manakala ada personel anggota yang terbukti menyalahgunakan narkoba, akan dikenai sanksi secara tegas.
Upaya pemeriksaan air kecing (urine) secara massal yang dilakukan medadak ini, dilaksanakan selepas apel pagi. Tidak ada kesempatan bagi anggota untuk menghindar, karena begitu usai apel pagi, mereka langsung menjalani tes urine yang dikukan oleh Sipropam bersama tim medis dari Urusan Kesehatan, yang dikoordinasikan dengan Bagian Sumda Polres Wonogiri. ”Semua anggota yang hari itu berdinas, wajib menjalani tes urine tanpa kecuali,” tegas Kapolres Wonogiri AKBP Ribertho Pardede melalui Kasubag Humas Polres AKP Hariyanto.
Langkah melakukan tes urine secara dadakan ini, tambah Paur Subag Humas Polres Aipda Iwan Sumarsono, dilaksanakan atas dasar perintah langsung dari Kapolda Jateng Nomor: STR/615/VII/HUK.12.10./2018, tentang perintah Operasi Gaktiplin (Penegakan Ketertiban Kedisiplinan) kepada semua anggota. Tujuannnya, untuk mengetahui terhadap kemungkinannya anggota ada yang menyalahgunakan narkoba, termasuk Aparat Sipil Negara (ASN) yang berdinas di Polres.
Ada sebanyak 127 anggota yang hari itu berdinas di Polres Wonogiri, menjalani tes air kencing tanpa kecuali. Mereka terdiri atas 93 personel polisi pria dan 21 Polwan serta 11 orang staf ASN Polres. Tes yang dilakukan oleh tim medis dari Urkes Polres, mengunakan tester merkĀ  ‘V care one step test device,’ dan hasilnya seluruh anggota yang menjalani tes dinyatakan negatif atau tidak ada yang terindikasi mengkonsumsi narkoba dan obat terlarang lainnya.
Proses pelaksanaan tes, dilakukan dengan terlebih dahulu menyerahkan gelas untuk tempat sampel air kecing kepada semua anggota. Begitu menerima pembagian gelas, masing-masing anggota secara bergiliran masuk ke dalam kamar mandi untuk mewadahi air kencingnya, guna selanjutnya dilakukan tes. Pelaksanaan tes urine secara massal dan mendadak ini, dilakukan di depan ruang Sipropam Polres Wonogiri.(suarabaru.id/bp)