Bagikan
Tanaman jacaranda yang bunganya berwarna ungu akan ditanam di Jalan Pahlawan, (Suarabaru.id/dok)

 

 

MAGELANG- Untuk mendukung slogan Kota Magelang  yakni ‘Kota Sejuta Bunga’,  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan menanam tanaman bunga di setiap ruas jalan. Diharapkan beberapa tahun mendatang jalan-jalan di kota ini akan dihiasi tanaman bunga yang mekarnya bergantian sepanjang tahun.

‘’Setiap ruas jalan punya tema bunga sendiri atau tematik,’’ kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Machbub Yani Arfian, kemarin.

Dia menerangkan, tanaman tabebuya yang baru ditanam di depan Kantor Wali Kota Magelang Jalan Sarwo Edhie Wibowo yang setiap tahun bunganya menarik perhatian masyarakat, juga akan ditanam di  Jalan Ahmad Yani, Jalan Gatot Subroto dan Jalan Tentara Pelajar.

‘’Khusus Jalan Pahlawan akan ditanam tanaman jacaranda yang bunganya berwarna ungu,’’ ujarnya didampingi PLt Kabid PJU, Taman dan Makam, Yety Setyaningsih.

Pada tahun ini pula, lanjut Machbub, Jalan Ahmad Yani ditambah dengan tanaman kana, yang bunganya warna merah. Tanaman yang sama juga ditanam di pintu masuk Kota Magelang dari selatan Jalan Gatot Subroto, sekitar makam Giriloyo, dan jalan sodetan yang menghubungan Jalan Sarwo Edhie Wibowo dengan Jalan Sudirman.

Menurutnya, rencananya penanaman tanaman bunga tersebut menggunakan anggaran perubahan 2019. ‘’Saya mengatakan bunga mekar sepanjang tahun bergantian karena, jacaranda bunganya mekar pada pertengahan tahun. Disusul pada akhir tahun tabebuya. Sedang tanaman kana bunganya mekar setiap tiga bulan,’’ terangnya. (Suarabaru.id/dh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here