Bagikan
Bupati Wonogiri Joko Sutopo didampingi Kabag Kesra Pemkab Wonogiri Ahmad Mubarok (beridri kesatu dan kedua dari kanan) melakukan pelepasan keberangkatan para Calhaj di Pendapa Kabupaten Wonogiri.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Pelepasan para jemaah calon haji (Calhaj) asal Kabupaten Wonogiri dilakukan waktu diihari. Yakni Minggu dinihari (29/7), dilepas keberangkatannya dari Wonogiri menuju ke Tanah Suci. Mereka yang berangkat dalam kelompok terbang (Kloter) 42 ini, dilepas dari Pendapa Kabupaten Wonogiri oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo.
Cuaca dingin yang terasa menggigit tulang mewarnai acara pelepasan keberangkatan mereka. Para jemaah Calhaj tersebut sebelumnya berkumpul di Pendapa Kabupaten Wonogiri dan tepat pada pukul 03.00 dinihari naik ke dalam bus, untuk berangkat ke Asrama Haji Donohudan. Bupati Joko Sutopo didampingi Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Wonogiri Ahmad Mubarok bersama para personel panitia keberangkatan haji Kabupaten Wonogiri, berkenan melepas keberangkatannya dengan mengibaskan bendera start dari halaman Kantor Bupati Wonogiri.
Acara pelepasan dilakukan sederhana, tidak ada upacara seremonial lagi, karena acara pamitan keberangakatan mereka telah digelar secara resmi Rabu (25/7). Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Wonogiri, Subadi, menyatakan, jumlah Calhaj asal Kabupaten Wonogiri pada musim haji Tahun 2018 atau 1439 H ini, seluruhnya ada sebanyak 313. ”Sebenarnya yang terdaftar ada sebanyak 314 Calhaj, tapi ada satu Calhaj yang sakit dan tidak dapat berangkat,” jelas Humas Kemenang Kabupaten Wonogiri, Mursidi Muhamad.
Calhaj asal Kabupaten Wonogiri berjumlah 313 orang tersebut berangkat dalam dua kloter. Yakni Kloter 41 sebanyak 19 orang Calhaj yang pemberangkatan dari Wonogiri dilepas Sabtu (28/7). Mereka bergabung dengan para Calhaj dari Kabupaten Karanganyar. Kemudian untuk Kloter 42 sebanyak 294 orang Calhaj dilepas dari Wonogiri Minggu dinihari (29/7). Untuk selanjutnya mereka akan masuk ke Asrama Haji Donohudan, sebelum kemudian terbang melalui Embarkasi Adi Sumarmo Solo bersama para Calhaj asal Kabupaten Klaten.
Khusus para jemaah Calhaj asal Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, sebelumnya mengikuti acara pelepasan resmi di tingkat kecamatan. Mereka berjumlah 49 orang Calhaj, mengikuti acara ini Sabtu (28/7) di Masjid Pancasila Purwantoro. Hadir dalam acara ini, Camat Purwantoro Joko Susilo, Danramil yang diwakili Serma Puji Arpandi, Kapolsek yang diwakili Iptu Wiyono dan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Purwantoro, Sutrisno Yusuf, serta Ketua Panitia Pemberangkatan Haji setempat, Taufik Rohman.
Tampil mewakili jemaah Calhaj Purwantoro, Tur Widadi, untuk menyampaikan kata pamitan. ”Kami memohon doa restu, agar dalam menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci, senantiasa diberikan kesehatan, keselamatan, kelancaran dan tak lupa kami menyampaikan terima kasih kepada panitia yang telah berkenan memperlancar keberangkatan,” ujarnya.
Ketua panitia pemberangkatan haji Kecamatan Purwantoro, Taufik Rohman, menyampaikan ucapan selamat kepada para Calhaj yang akan menjadi tamu Allah, semoga nanti dapat menjadi haji yang mabrur. ”Kami atas nama masyarakat Kecamatan Purwantoro, senantiasa berdoa agar para Calhaj dapat menunaikan ibadah haji dengan selamat, lancar dan menjadi haji yang mabrur,” jelas Camat Joko Susilo.(suarabaru.id/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here