Bagikan
Walikota Pekalongan H.M Saelany Machfudz saat menyambut peserta pawai

PEKALONGAN-Sebagai Kota Batik Pemerintah Kota Pekalongan menampilkan sarung batik saat pagelaran pawai budaya nusantara Asosiasi Pemerintah Kota seluruh Indonesia (APEKSI) tahun 2018 di Tarakan, Kalimantan Utara, akhir pekan ini.

Pawai budaya Nusantara tersebut diikuti sebanyak 95 Kota dengan memperlihatkan kekayaan budaya masing-masing kotanya. Termasuk Kota Pekalongan, belasan ASN memeriahkan pawai tersebut dengan pakaian khas tradisional yaitu sarung batik yang dikombinasikan dengan baju Koko, peci dan slayer batik.

Walikota Pekalongan H.M Saelany Machfudz mengungkapkan bahwa batik merupakan identitas Kota Pekalongan. Oleh karena itu sarung batik yang merupakan pakaian tradisional orang Pekalongan dijadikan kostum pawai budaya Nusantara.

” Momen seperti ini harus kita manfaatkan untuk menunjukkan ciri khas budaya kami yaitu batik,” kata Walikota Saelany Mahfudz , Sabtu ( 28/7/2018).

Salah satu kelompok peserta pawai berpakaian serba sarung batik

Saelany melanjutkan tambahan slayer batik yang di kenakan saat pawai budaya nusantara menunjukkan bahwa batik tidak hanya dapat digunakan untuk pakaian saja tetapi juga dapat digunakan untuk slayer, sandal, dan kerajinan lainya.

” Dengan mengenakan sarung dan slayer batik masyarakat Kota Tarakan tahu akan inovasi batik Kota Pekalongan,” lanjutnya.

Walikota Pekalongan berharap dengan kostum serba batik dapat menarik minat masyarakat Kalimantan Utara khususnya Kota Tarakan untuk membeli produk-produk Kota Pekalongan. ” Saya harap setelah melihat tampilan kami daerah lain minat untuk datang ke kota Pekalongan,” pungkasnya.

Pawai budaya yang digelar itu sangat meriah dengan masyarakat yang terlihat antusias padati Jalan KH.Agus Salim Gunung dan Jalan Yos Sudarso Tarakan. Bahkan saat peserta pawai Kota Pekalongan sampai di panggung kehormatan mereka bersorak ” Pekalongan… Batik..

Batik..”. dan mereka meminta slayer batik untuk kenang-kenangan.

Sebagai buah tangan, Walikota Pekalongan menyerahkan Pakaian batik asli Kota Pekalongan kepada Walikota Tarakan, Sofian Raga dan Ketua Dewan Pengurus Apeksi Nasional, Airin Rachmi Diany. (suarabaru.id/Yn))

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here