Bagikan
Unai Emery/dok

LONDON – Unai Emery, manajer Arsenal, menjanjikan era baru yang menyajikan sepak bola menarik dan penuh gairah. Dia ingin Mesut Oezil dan kawan-kawan bermain dengan gaya dan karakter. Emery memulai rezim baru dengan menggantikan Arsene Wenger. Pria berkebangsaan Spanyol itu punya tugas berat membawa The Gunners lepas dari bayang-bayang Wenger yang memimpin skuad Meriam London selama 20 tahun.

Dia juga dibebani target membawa Arsenal kembali ke persaingan memperebutkan gelar juara Liga Primer Inggris. Dalam dua musim terakhir, tim London Utara ini terlempar dari posisi empat besar. Terlepas dari target dan beban yang diemban, Emery ingin The Gunners bermain sesuai filosofinya. Dia berharap Mesut Oezil dan kolega selalu mengambil inisiatif di tiap laga.

“Kami berharap setiap pemain menyalurkan intensitas, agresi untuk menunjukkan tekad ingin menang dan selalu siap bekerja keras,” ungkap Emery. Dia mau para pemain menciptakan dan menemukan berbagai hal ketika mengontrol bola, dan menunjukkan ambisi untuk memulihkan penguasaan dengan cepat. Hal tersebut harus diperlihatkan pada setiap sesi latihan dan pertandingan.

“Para pemain harus energik, penuh aksi dengan atau tanpa bola, dan sebagai protagonis di lapangan melakukan berbagai hal,” tandasnya. Meski mengemban tugas berat, Emery tak melakukan belanja besar pada bursa transfer musim panas. Menurut eks pelatih Valencia dan Sevilla ini, materi pemain yang ada sudah cukup berkualitas.

Emery melepas Jack Wilshere, dan sebagai ganti merekrut Lucas Torreira, gelandang Uruguay yang membela Sampdoria. Torreira diharapkan mampu memperkuat barisan tengah. Pemain bertipe breaker itu menjadi perekrutan keempat. Sebelumnya, Emery memboyong bek kanan Stephan Lichtsteiner (Juventus), kiper Bernd Leno (Bayer Leverkusen), dan bek tengah Sokratis Papastathopoulos (Borussia Dortmund).

Emery butuh gelandang bertahan seperti Torreira untuk mengarungi musim pertamanya di Premier League. Tipikal Torreira yang mau bergerak ke semua sisi lapangan diharapkan bisa memberi perbedaan. Di bawah mistar, ada tiga penjaga gawang berkelas. Selain Leno, masih bercokol Petr Cech dan David Ospina. Leno bakal diplot sebagai kiper pertama. (rr)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here