blank
Personel militer dari jajaran Koramil-21 Bulukerto Kodim 0728 Wonogiri, tampil memberikan pembimbingan PBB dan teknik tata upacara bendera kepada para siswa baru SMP Negeri 2 Bulukerto.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Para siswa baru yang menjalani Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), diberi pemahaman tentang wawasan kebangsaan (Wasbang). Paham kebangsaan, merupakan komitmen yang dilandasi semangat kebersamaan, merasa senasib dan sepenanggungan. Sedangkan semangat kebangsaan, merupakan upaya menumbuhkembangkan rasa dan semangat kebangsaan, yang terpancar dari kualitas dan ketangguhan dalam menghadapi ancaman.
Komandan Koramil (Danramil)-19 Girimarto Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Cba) Suparna, menjelaskan hal tersebut ketika memberikan pembekalan tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) bagi para siswa baru SMA Negeri 1 Girimarto, Kabupaten Wonogiri. Untuk memberikan pembekalan kepada sebanyak 156 siswa baru yang menjalani Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Kepala Sekolah (Kasek) SMA Negeri 1 Girimarto, Sumarman, mendatangkan instruktur dari personel militer untuk memberikan materi Wasbang.
Tujuan pemberian pembekalan Wasbang, diharapkan dapat menumbuhkan semangat patriotisme dan jiwa nasionalisme para siswa, sebagai generasi muda penerus perjuangan bangsa. Kecuali materi Wasbang, kepada para siswa juga diberikan pemahaman tetang jati diri bangsa Indonesia dan materi tentang anti-radikalisme. Hal ini penting untuk dipahami para siswa, dalam mempersiapkan potensi generasi muda bangsa, agar kelak dapat ikut serta berperan membangun bangsa. Cara penyampaian materi yang dipadu dengan selingan gurauan, menjadikan siswa tidak jenuh mengikutinya.
Upaya mendatangkan instruktur militer juga dilakukan oleh Kasek SMP Negeri 2 Bulukerto, Retno Hartini, guna memberikan pembekalan kepada para siswa baru di sekolahnya yang menjalani MPLS. Anggota Koramil-21 Bulukerto, Pelda Bambang dan Serka Dadang, datang ke SMP Negeri 2, untuk memberikan pembekalan Wasbang dan membimbing para siswa berlatih Peraturan Baris Berbaris (PBB). Melalui pembimbingan personel militer, para siswa diharapkan dapat tumbuh jiwa kedisiplinannya untuk menjadi generasi muda penerus bangsa yang memiliki karakter dan berjiwa patriot, serta bersemangat sebagai insan yang nasionalis yang cinta kepada Tanah Air, bangsa, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Untuk melaksanakan program MPLS, Kasek SMK Negeri 1 Jatiroto, Gunarsi, juga menggandeng personel TNI-AD dari jajaran Koramil setempat, guna membimbing para siswa baru yang menjalani MPLS. Ini dilakukan, sekaligus untuk memberikan pembekalan pendidik karakter kepada para siswa baru yang lolos seleksi rekurtmen melalui PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) Tahun Ajaran (TA) 2018/2019. Para murid, disamping diberikan pembekalan Wasbang, juga dibimbing dalam berlatih PBB dan tata upacara bendera. Seusai menjalani MPLS, para peserta ‘diwisuda’ dengan siraman air bunga, untuk menandai secara resmi keberadaannya diterima menjadi keluarga besar SMK Negeri 1 Jatiroto.(suarabaru.id/bp)