blank
Anggota KPU Kabupaten Wonogiri, Agus Wibowo (kedua dari kanan), menerima berkas pendaftaran bakal Caleg DPRD Kabupaten Wonogiri Pemilu 2019 dari pengurus Partai Persatuan Indonesia (Perindo), yang mengajukan sebanyak 21 nama bakal Caleg.(suarabaru.id/bp).

WONOGIRI – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI), tidak mendaftarkan bakal Calon Legislatif (Caleg) ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri. Sampai batas waktu pendaftaran ditutup, yang mengajukan hanya 14 Parpol, dengan jumlah total nama bakal Caleg sebanyak 460 orang.
Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri, Mat Nawir, masa pengajuan bakal Caleg Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota untuk keperluan Pemilu Tahun 2019, telah berakhir Selasa (17/7/ 2018) pukul 24.00. Parpol yang mengajukan bakal Caleg DPRD Wonogiri untuk Pemilu 2019, terdiri atas Partai Nasdem, Partai Garuda, PDI Perjuangan, Partai Demokrat, PPP, PKS, PAN, PKB, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Hanura, PSI, Perindo, dan Partai Berkarya.
Dijelaskan oleh Mat Nawir, komposisi nama-nama bakal Caleg yang didaftarkan ke KPU, terdiri atas 277 nama bakal Caleg pria (60,2 persen) dan 183 nama bakal Caleg wanita (39,8 persen). Menyikapi pendaftaran bakal Caleg ini, KPU Kabupaten Wonogiri mulai Kamis (19/7) besok, sampai dengan Sabtu (21/7) mendatang, akan melakukan verifikasi. Manakala masih terjadi kekurangan persyaratan, KPU memberikan kesempatan untuk dilengkapi pada Tanggal 22 sampai dengan 31 Juli 2018 mendatang.
Sesuai kuota, masing-masing Parpol sebenarnya dapat mendaftarkan maksimal sebanyak 50 nama bakal Caleg-nya. Namun yang kemudian didaftarkan, hanya sebanyak 460 nama bakal Caleg dari 14 Parpol. Yang itu, diformat masing-masing untuk Daerah Pemilihan I sebanyak 109 orang, Dapil II 82 orang, Dapil III 90 orang, Dapil IV 84 orang dan dapil V sebanyak 95 orang. Dari 14 Parpol tersebut, hanya ada 4 Parpol yang mendaftarkan nama bakal Caleg-nya sesuai kuota maksimal. Yakni PDI Perjuangan, Partai Demokrat, PAN dan Golkar, yang masing-masing mendaftarkan 50 nama bakal Caleg.
Selanjutnya, PKS hanya mendaftarkan 46 nama, Partai Nasdem 40 nama, PKB dan Partai Berkarya masing-masing 36 nama, Partai Gerindra 35 nama, Perindo 21 nama, Partai Hanura 16 nama, PPP 14 nama, PSI 13 nama, Partai Garuda 3 nama. Perindo merupakan Parpol yang mendaftar paling awal, Minggu (15/7), tapi kemudian berkas pendaftarannya dikembalikan karena kurang lengkap. Menyikapi ini, Perindo kembali lagi ke Kantor KPU Kabupaten Wonogiri untuk mendaftarkan pada hari terakhir pendaftaran yaitu Selasa (17/7) pukul 21.51.
Pengurus Partai Berkarya Kabupaten Wonogiri, datang mendaftarkan ke Kantor KPU Selasa malam (17/7) pukul 22.05 atau dua jam menjelang penutupan. Hari terakhir pendaftaran, Selasa (17/7), datang para pengurus dari 12 Parpol ke Kantor KPU Wonogiri. Dua Parpol lainnya, yakni Partai Nasdem dan Partai Garuda, telah melakukan pendaftaran pada hari Senin (16/7).(suarabaru.id/bp)