Bagikan
REKRUTAN BARU: Gaya rekrutan baru PSIS, Joko Ribowo (kanan), saat membela Arema FC. (dok)

SEMARANG – PSIS Semarang resmi mendapatkan kiper yang selama paruh pertama Liga 1 ini memperkuat Arema FC, Joko Ribowo, mulai Senin (16/7). CEO PSIS Alamsyah ”Yoyok Sukawi” Satyanegara Sukawijaya menyatakan kiper kelahiran Demak 28 tahun itu akan mulai merapat dan diperkenalkan secara resmi di skuad PSIS pada Rabu (18/7) pukul 13.00 WIB. Joko Ribowo pun diproyeksi bisa langsung tampil saat Laskar Mahesa Jenar menjamu Persebaya Surabaya pada pekan ke-17 Liga 1 yang akan dilaksanakan di Stadion dr H Moch Soebroto, Minggu (22/7).

Yoyok Sukawi menambahkan, mantan pemain Mitra Kukar itu bisa bermain jika persyaratan sudah beres dan disetujui PT Liga Indonesia Baru sebagai pemain sah PSIS di kompetisi Liga 1. ”Secara resmi kami mendapatkan tanda tangan Joko Ribowo untuk bergabung bersama PSIS dengan status kontrak penuh selama semusim ini dari Arema FC. Saat datang Rabu mendatang dia akan menyelesaikan administrasi pendaftaran sebagai pemain PSIS dan mengurus segala hal terkait kepindahan Joko Ribowo dari klub asalnya,” ungkap Yoyok, kemarin.

Dia menjelaskan, sebenarnya kedatangan Joko satu paket dengan bek Arema FC Zainuri. Namun, mantan pemain tim Jawa Timur di Pra-PON XIX Jabar itu lebih memilih berlabuh ke Persela Lamongan. ”Sebenarnya kami deal satu paket Joko dan Zainuri dengan Arema FC. Namun, karena Zainuri punya pilihan lain, kami tidak melanjutkan proses negosiasi,” tandasnya.

Dengan masuknya Ribowo membuat stok kiper PSIS menjadi lima orang. Sebelumnya, ada Jandia Eka Putra, Aji Bayu Putra, Sendri Johansah, dan Satria Eka Putra. Dari kelima kiper yang ada saat ini, Satria merupakan pemain kuota U-23 dan kemungkinan besar tak akan tergeser. Lalu bagaimana nasib tiga kiper senior setelah kedatangan Joko?

”Ke depan kami akan tunggu evaluasi coach Vincenzo Alberto Annese terkait siapa yang akan dilepas. Intinya slot pemain kami saat ini masih ada tiga orang dari 27 pemain yang sudah didaftarkan. Dua pemain senior dan satu pemain asing Asia. Tanpa mencoret pemain kami sementara masih bisa mendaftarkan Joko,” imbuhnya.

Selain Joko, PSIS melakukan pendekatan kepada dua penyerang Persib Bandung, yakni Atep dan Airlangga Sucipto. Yoyok mengungkapkan pihaknya sudah mengajukan penawaran resmi ke manajemen Maung Bandung dalam beberapa hari yang lalu. Keputusan peminjaman Atep dan Airlangga didasari karena dua pemain itu selama ini tidak masuk dalam skema pelatih Mario Gomez.

Sementara Joko mengaku sangat antusias untuk membela Mahesa Jenar. Sebab, sejak awal musim Yoyok sudah berkomunikasi dengannya. ”Saya berharap kedatangan ke Semarang bisa membantu dan bekerja sama dengan tim pelatih dan pemain untuk membawa tim merangsek dari zona degradasi,” tutur Joko. (rr)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here