Bagikan
Suasana di ruang pelayanan khusus kantor UP3AD Samsat Kabupaten Blora, saat wajib pajak mengurus pajak kendaraan bermotor. (foto: HN)

BLORA – Kantor Unit Palayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) atau Samsat Blora, semakin medern, dan familiar dalam memberi layanan kepada masyarakat pembayar pajak kendaraan.

Dengan mengendapankan pelayanan terbuka, online, dan Samsat Keliling (mobil), disediakan ruang pelayanan khusus untuk para pembayar (wajib) pajak difabel atau penyandang cacat fisik, lanjut usia (lansia), ibu hamil dan menyusui.

“Sudah ada layanan khusus di Samsat, para wajib pajak mulai familier dan mulai memanfaatkannya,” jelas Kepala UP3AD setempat, Agus Riyadi, Senin (16/7).

Pelayanan khusus itu, sebenarnya sudah tersedia dengan prasarana lengkap di dalamnya sejak 2017 lalu, namun masih banyak yang belum mengetahuinya, tambah Agus.

Sejauh ini, setiap harinya melayani wajib pajak dari kalangan difabel, lansia, ibu hamil dan menyusui sekitar 25-40 orang. Jarang terjadi antrean, karena para wajib pajak seringnya keluar masuk bergantian.

Maka tidak jarang para wajib pajak lansia, difabel dan menyusui seringnya masih masuk di ruang pelayanan besar (umum), sehingga karyawan UP3AD harus memberi informasi pemahaman soal pelayanan khusus itu.

“Iya benar, kini ruang layanan khusus mulai hidup, dan termanfaatkan dengan baik,” tambahnya.

Menyenangkan Pembayar Pajak

Muryari (31), warga Desa Karang, Kecamatan Bogorejo, Blora, mengaku senang dengan ruang pelayanan khusus. Ruang berendingin udara, dan ada kursi tamu lengkap, membuatnya betah menunggu proses administrasi.

“Senang, nyaman, adem, ada tempat duduk, dan pelayanan petugasnya bagus,” ungkapnya saat urus perpanjangan pajak kendaraan bermotor sambil menggendong balitanya.

Sri Patini (38), warga Ngampel, Blora, juga mengakui senang dengan adanya ruang pelayanan khusus di kantor Samsat. Selain membuat nyaman, tidak harus antre berdesakan, bisa menunggu proses administrasi dengan santai.

“Seperti di rumah sendiri, cocok ruang pelayanan khusus ini,” ungkapnya saat di kantor UP3AD sambil menggendong bayinya yang sedang tidur.

Pantauan di kantor Samsat Kabupaten Blora, tampak ruang pelayanan khusus cukup rapi, dan tidak terlalu banyak wajib pajak yang mengurus pajaknya di ruang yang berada paling depan sisi utara.

Pemandangan tampak kontras dengan ruang pelayanan umum, hampir setiap hari ada antrean para wajib pajak dari berbagai penjuru Blora datang, dan kursi ruang tunggu selalu penuh.

Bahkan selama dua pekan pasca Lebaran kemarin, anteran mbludak, tidak sedikit para wajib pajak yang harus berdiri.(suarabaru.id/hn/slk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here