Bagikan
Zlatko Dalic/dok

MOSKWA – Tak perlu takut, itu yang ditegaskan Pelatih Kroasia Zlatko Dalic jelang bertemu Inggris pada laga semifinal Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskwa, Kamis (12/7) dini hari WIB. Inggris memang lebih diunggulkan. Namun, Dalic menyatakan Luka Modric dan kawan-kawan bukanlah tim rendahan yang mudah ditaklukkan.

”Kami punya kepercayaan diri, dan belum terkalahkan. Kami juga diperkuat pemain-pemain berkualitas yang berkarakter,” ungkap Dalic. Eks juru latih Al-Ain itu bangga bisa memiliki Luka Modric. Dia pun terkesan dengan performa Ivan Rakitic.

Rakitic selalu dimainkan dalam lima pertandingan di Rusia. Gelandang 30 tahun itu empat kali menjadi starter, dan hanya sekali dicadangkan. Bersama Modric, pemain tengah Barca ini menjadi roh permainan Vatreni. Negara Eropa Timur itu sejauh ini mencatat tiga kemenangan, dan dua kali seri yang kesemuanya terjadi pada fase gugur.

Rakitic menorehkan satu gol dan sebuah assist dengan rata-rata 2,2 tembakan per partai. Dia dua kali memperlihatkan ketenangan luar biasa saat menjadi penendang penalti penentu kemenangan atas Denmark pada babak 16 besar dan Rusia di perempat final. Vatreni sedang menatap sejarah untuk menembus final yang pertama. Rakitic dihadapkan pada peran besar untuk mengantar negaranya menuju tangga juara dunia.

“Saya pikir ini adalah penampilan terbaik Ivan bersama tim nasional. Ini cuma kelanjutan dari sebuah musim yang hebat yang sudah dia jalani di Barcelona,” tutur Dalic. Dia menambahkan, Modric dan Rakitic adalah gelandang terbaik di turnamen ini. Sang pelatih berharap kesan itu berlanjut saat meladeni Inggris.

“Kepercayaan diri Ivan terlihat jelas dalam adu penalti pada babak 16 besar dan perempat final. Ini adalah performa terbaik dia di seluruh kariernya,” ujar Dalic. Rakitic memperkuat Vatreni sejak 2007. Dia membuat 97 penampilan dan menyumbang 15 gol. (rr)

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here