Bagikan
Luis Enrique/dok

MADRID – Setelah Fernando Hierro mengundurkan diri sebagai pelatih timnas Spanyol, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) langsung bergerak cepat untuk mencari pengganti. Mereka akhirnya memilih Luis Enrique untuk menangani Sergio Ramos dan kawan-kawan.

Spanyol memang membutuhkan pelatih baru. Selepas mengalami kegagalan di Piala Dunia 2018, La Furia Roja ditinggal mundur Hierro yang menjabat pelatih selama berlaga di Rusia. Hierro juga enggan meneruskan jabatannya sebagai direktur teknik.

Di Piala Dunia 2018, Hierro hanya mampu membawa Spanyol melangkah hingga babak 16 besar. Sergio Ramos dan kawan-kawan tunduk dari Rusia lewat adu penalti. Kegagalan di Rusia membuat pelatih 50 tahun tersebut memilih mundur.

Sebelum Hierro, RFEF memutuskan kontrak dengan Julen Lopetegui. Sang pelatih memilih untuk meneken kontrak dengan Real Madrid lima hari jelang laga perdana Piala Dunia 2018. Sontak, RFEF pun memutuskan kontrak Lopetegui.

Setelah Hierro mundur, RFEF tidak perlu lama untuk menemukan pengganti. Ada tiga kandidat kuat untuk menangani timnas Spanyol. Selain Enrique, ada Quique Sanchez Florez dan Michel. Namun, RFEF menilai Enrique adalah pilihan terbaik.

Presiden RFEF Luis Rubiales menyatakan eks pelatih Barcelona itu telah memenuhi segala persyaratan teknis untuk menjadi pelatih baru Sergio Ramos dan kawan-kawan. “Pemilihan ini sudah memenuhi segala parameter dari pandangan manajemen olahraga. Keputusan sudah bulat. Saya menyukai komitmennya. Dia menepikan tawaran lebih mahal demi Spanyol. Enrique datang bersama staf kepelatihannya,” ungkap Rubiales.

Enrique tidak sedang terikat kontrak dengan klub mana pun sejak memilih menyudahi kontraknya di Barcelona pada musim 2016-2017 lalu. Keputusan RFEF menjadikan Enrique sebagai pelatih tentu saja bukan sekadar karena dia tidak sedang terikat kontrak dengan klub mana pun. Namun, juga berdasarkan pada pilihan yang rasional melihat jejak prestasi yang diraih Enrique. (rr)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here