Bagikan
Duta Besar Indonesia untuk Rusia merangkap Republik Belarus, M Wahid Supriyadi didampingi Wakil Wali Kota Windarti Agustina melihat produk UMKM yang dipajang di Kantor Pemkot Magelang, (Suarabaru.id/dh)

MAGELANG- Duta Besar Indonesia untuk Rusia merangkap Republik Belarus, M Wahid Supriyadi, mengajak Kota Magelang berpartisipasi dalam Festival Indonesia yang berlangsung di negara tersebut.
Dia melirik potensi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kota ini. ‘’Saya lihat potensi Kota Magelang sangat bagus dalam banyak hal, salah satunya UMKM. Kebetulan saat ini kita sedang merintis sister city melalui Festival Indonesia, kita harapkan Kota Magelang dapat ikut serta,’’ kata Duta Besar Indonesia untuk Rusia, M Wahid Supriyadi, ketika mengunjungi Kantor Pemkot Magelang, Kamis (28/6).

Dia menerangkan, Festival Indonesia merupakan acara tahunan yang sudah tiga kali ini dilaksanakan. Festival tersebut khusus diperuntukkan bagi provinsi dan kota/kabupaten di Indonesia untuk memamerkan dan mempromosikan produk unggulannya. ‘’Konsepnya one stop shopping mall. Di situ kita memamerkan, mempromosikan,dan menjual potensi daerah ke warga negara Rusia. Ada banyak yang dipamerkan, mulai dari UMKM kuliner, kerajinan, fashion dan furniture,’’terang Wahid.
Sejauh ini, lanjutnya, antusias daerah sangat tinggi untuk ikut berperan dalam festival yang akan dilaksanakan bulan Agustus mendatang itu. ‘’Jumlah stand yang ikut dalam festival terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada festival tahun 2017 ada 70 stand pameran yang ikut, sedangkan tahun ini bertambah jadi 100 stand.’’ ungkapnya.
Adapun provinsi yang sudah deal akan ikut berpartisipasi dalam festival ini antara lain DKI Jakarta, Aceh, Bali, Bangka Belitung, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah.

Menanggapi tawaran tersebut, Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina mengatakan, akan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan wali kota. ‘’Akan segera kami sampaikan ke Pak Wali untuk kemudian dikaji. Secara umum, Pemkot Magelang tertarik dan terima kasih jika difasilitasi,’’ ujarnya.
Windarti menambahkan, pihaknya sangat berharap agar produk dari Kota Magelang bisa ikut dalam festival di tingkat intenasional seperti ini. Hanya saja, rencana seperti ini harus diagendakan jauh hari sebelumnya agar bisa dikondisikan dulu baik produk maupun persiapan lainnya.

Dia yakin bahwa produk-produk dari Kota Magelang sangat layak bersaing dengan produk dari daerah lain. ‘’Harapannya tahun ini dan tahun-tahun depan Kota Magelang bisa ikut, sehingga menjadi motivasi bagi kami agar produk-produk semakin berkembang,’’ terangnya. (Suarabaru.id/dh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here