Bagikan
SEkda Sugiharto meninjau kesiapan di salah satu TPS, (Suarabaru.id/dok)

MAGELANG- Warga Kota Magelang sangat antusias mempersiapkan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng yang akan dilaksanakan Rabu (27/6). ‘’Saya senang karena masyarakat begitu antusias mempersiapkan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng ini,’’ kata Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Magelang, Endang Sri Rahayu, Selasa (26/6).

Dirinya bersama Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron, Sekda Sugiharto, Desk Pilkada Kota Magelang dan perwakilan Desk Pilkada Jateng, kemarin memantau kesiapan tempat pemungutan suara (TPS).
Endang Sri Rahayu menerangkan, TPS di Kota Magelang yang jumlahnya 220 buah tersebar di 17 kelurahan di tiga kecamatan, sudah siap digunakan.

Dia menuturkan, pada pelaksanaan pilgub tahun ini terdapat tiga titik yang diindikasi rawan terjadi pelanggaran. Yakni 2 titik di Kecamatan Magelang Selatan dan 1 titik di Kecamatan Magelang Tengah.
‘’Rawannya bukan hanya rawan politik uang saja, ada yang KPPS tidak netral, ada orang suka bagi-bagi uang, lokasi TPS di markas parpol atau tim sukses. Pengawasannya nanti akan dilakukan dengan pemantauan yang lebih intensif,’’ tegas Yayu, panggilan akrabnya.

Sekda Sugiharto juga memastikan, jelang pelaksanaan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah, semua tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Magelang dipastikan telah siap.
‘’Dari beberapa TPS yang kami tinjau hari ini, semuanya siap digunakan, tempat siap, petugas siap,’’ ujarnya.
Dia mengutarakan, melalui desk pilkada, Pemkot Magelang mendukung dan membantu penyelenggara (KPU dan Panwaslu), agar penyelenggaran pemilu gubernur berjalan lancar dan sukses, tentunya sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku.
Dalam pemantauan hari ini, sekitar lima TPS yang ditinjau. Antara lain TPS 2 Kelurahan Cacaban, TPS 14 Kelurahan Potrobangsan, TPS 4 Kelurahan Kramat Selatan, TPS 1 Kelurahan Rejowinangun Selatan, TPS 11 Kelurahan Tidar Utara.

Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Periyanto menjelaskan, jumlah TPS di Kota Magelang untuk pelaksanaan Pilgub sebanyak 220. Dari jumlah tersebut satu di antaranya adalah TPS khusus. ‘’TPS khusus kita siapkan di dalam Lapas (Lembaga Permasyarakatan) kelas II B Magelang. TPS tersebut disediakan untuk para penghuni lapas,’’ jelas Basmar. (Suarabaru.id/dh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here