blank
Tim medis Satgas Nusantara Unit Urkes Dokpol Polres Wonogiri, melakukan pelayanan model jemput memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis kepada para nahkoda perahu wisata di obyek wisata tirta Waduk Gajahmungkur Wonogiri.(suarabaru.id/bp)
WONOGIRI – Satgas Nusantara 2018 yang melibatkan para personel dokter dan tenaga medis dari Unit Urusan Kesehatan (Urkes) Kedokteran Polisi (Dokpol) Polres Wonogiri, menggelar Bhakti Kesehatan (Bhaktikes) pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis kepada para juru mudi dan nahkoda perahu wisata.
Bhaktikes tersebut, dilakukan dengan model jemput bola. Yaitu mendatangi dermaga perahu wisata di Pantai Sendang Asri obyek wisata tirta Waduk Gajahmungkur Wonogiri, guna memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan secara cuma-cuma kepada para juru mudi, nahkoda dan awak perahu wisata. Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede melalui Kasubag Humas Polres AKP Hariyanto, Jumat (22/6), menyatakan, pemberian pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan secara cuma-cuma ini, dilakukan kepada sebanyak 43 orang. Bersamaan itu, juga dilakukan pemberian konsultasi kesehatan.
Tujuannya, untuk menghadirkan juru mudi dan nahkoda perahu yang sehat, dalam upaya mendukung terwujudnya pelayanan pelayaran wisata yang aman, aman dan terhindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Bersama itu, tim Bhaktikes Satgas Nusantara juga memberikan penyuluhan dan sosialisasi tentang perlunya membudidayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang terjauhkan dari penyalahgunaan alkohol dan markoba.
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri, Ismiyanto, dan Kasi Lalu Lintas Air Sungai Danau dan Penyeberangan (LLASDP), Suyatno, menyatakan, di obyek wisata Waduk Gajahmungkur disediakan fasilitas sebanyak 28 perahu wisata. Terdiri atas 16 perahu masing-masing berkapasitas 16 penumpang, dan 12 perahu carteran dengan kapasitas angkut masing-masing 8 orang.
Ditambahkan oleh Paur Subag Humas Polres Wonogiri, Aipda Iwan Sumarsono, pemberian pelayanan pemeriksaan kesehatan secara gratis oleh Satgas Nusantara Urkes Dokpol Polres Wonogiri, sebelumnya dilakukan di Terminal Induk Bus Giri Adipura di Krisak, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Itu dilakukan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kabupaten Wonogiri bersama RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol-PP beserta Koordinator Terminal Induk Bus Giri Adipura.
Untuk pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis di Temrinal Induk Bus Giri Adipura, dilaksanakan kepada sebanyak 52 orang sopir bus Antar-Kota Antar-Provinsi (AKAP) dan pengemudi bus Antar-Kota Dalam Provinsi (AKDP). Sebelumnya, jajaran Urkes Polres Wonogiri dalam rangka menyambut HUT Ke 72 Bhayangkara, juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan bagi awak kendaraan umum yang mangkal di terminal bayangan timur SD Negeri 1 Wonogiri. Pemeriksaan kesehatan yang digelar di terminal bayangan atau dikenal sebagai halte Agraria ini, dilakukan terhadap 27 sopir Angkutan Pedesaan (Angkudes) yang melayani pengangkutan penumpang lokal antarkecamatan, dalam wilayah Kabupaten Wonogiri.(suarabaru.id/bp)