blank
Tim Urkes Polres Wonogiri bersama petugas medis dari DKK dan RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para sopir bus yang melakukan pelayanan arus balik pasca-Lebaran Idul Fitri 1439 H.(suarabaru.id/bp)
WONOGIRI – Untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan dalam pelayanan angkutan penumpang umum, para awak bus di Wonogiri diperiksa kondisi kesehatannya oleh tim medis dari unit satuan kerja Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Wonogiri. Bagi sopir yang kedapatan tidak sehat, dilarang memberikan pelayanan pengangkutan arus balik.
Pemeriksaan kesehatan bagi para awak kendaraan umum ini, dilakukan di Terminal Induk Bus Giri Adipura, Krisak, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede melalui Kasubag Humas Polres AKP Hariyanto, Selasa (19/6), menyatakan, pemeriksaan kesehatan dilakukan bersamaan dengan puncak pelayanan arus balik pasca-Lebaran Idul Fitri 1439 H. Melibatkan tim medis Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK), RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, Puksesmas, bersama personel Satlantas, Satpol-PP, Dishub dan Terminal Induk Bus Giri Adipura Wonogiri.

Pemeriksaan kesehatan bertujuan untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan serta kenyamanan dalam pelayanan angkutan penumpang umum, utamanya untuk pelayanan puncak keramaian arus balik. Kepala DKK Wonogiri, Dokter Adhi Dharma, menyatakan, pemeriksaan kesehatan meliputi pengukuran tensi tekanan darah, pemeriksaan gula darah sewaktu, pemeriksaan urine untuk mendteksi ada tidaknya kandungan narkoba atau alkohol. Semua diberikan secara gratis, termasuk pemberian pelayanan konsultasi kesehatan.

Para awak kendaraan utamanya sopir, dipersyaratkan harus sehat, tidak terpengaruh narkoba dan alkohol. Ini demi tujuan untuk mengurangi faktor pemicu terjadinya kecelakaan, dan terwujudnya upaya penyediaan jasa pelayanan angkutan penumpang yang aman, nyaman, dan mengedepankan aspek keselamatan.
Banyak kasus terjadinya kecelakaan lalu lintas yang dipicu oleh faktor human eror, karena pengemudi tidak memenuhi persyaratan sehat. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Polres bersama jajaran terkait, berupaya mengambil langkah antisipasi dini, dalam menyiapkan awak kendaraan yang sehat dan memenuhi syarat aman, untuk mengemudikan kendaraannya, demi mewujudkan Kamseltibcarlantas (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, Kelancaran, Lalulintas) di jalan umum.

Awak kendaraan umum yang diperiksa kesehatan di Terminal Induk Bus Giri Adipura sebanyak 52 orang sopir bus Antar-Kota Antar-Provinsi (AKAP) dan pengemudi bus Antar-Kota Dalam Provinsi (AKDP). Dari hasil pemeriksaan, mereka dinyatakan sehat untuk mengemudikan kendaraannya. Sebelumnya, jajaran Urkes Polres Wonogiri dalam rangka menyambut HUT Ke 72 Bhayangkara, juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan bagi awak kendaraan umum yang mangkal di terminal bayangan timur SD Negeri 1 Wonogiri.
Paur Subag Humas Polres Wonogiri, Aipda Iwan Sumarsono, menambahkan, pemeriksaan kesehatan yang digelar di terminal bayangan atau dikenal sebagai halte Agraria ini, dilakukan terhadap 27 sopir Angkutan Pedesaan (Angkudes) yang melayani pengangkutan penumpang lokal antarkecamatan, dalam wilayah Kabupaten Wonogiri.
Sementara itu, dari Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri, dilaporkan telah terjadi kecelakaan lalu lintas pengendara sepeda pancal tertabrak sepeda motor. Kejadiannya berlangsung Senin petang (18/6) di ruas Jalur Lintas Selatan (JLS) tepatnya di depan gedung SMA Pangudiluhur, Kecamatan Giriwoyo (55 Kilometer arah selatan Kota Wonogiri). Menyebabkan pengendara sepeda pancal, Kardi (50), warga Dusun Glagahan, Desa Sejati, Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri, mengalami luka parah dan dirujuk ke RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. Mewakili Kapolres, Kapolsek Giriwoyo AKP Mulyanto, menyebutkan, pengendara sepeda motor yang bertabrakan dengan sepeda korban, adalah Rudianto (25) penduduk asal Dusun Mulyosari, Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Dalam kecelakaan ini, Rudianto yang mengendarai sepeda motor Yamaha Jupiter Z warna hitam-merah berplat nomor AB 5640 MD, dan mengalami luka ringan.(suarabaru.id/bp)