blank

SEMARANG – Sebanyak 60 calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah akan mengikuti tes tertulis model Computer Assisted Test (CAT) di Depo Arsip Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia, Jalan Setiabudi, Srondol, Semarang, 29 Juni 2018.

Semua pendaftar semula 113 orang, kemudian diperingkatkan berdasarkan penelitian administrasi dengan pembobotan strata pendidikan, pengalaman yang menyangkut Pemilu, dan makalah terstruktur. Nama ke-60 calon tersebut dapat diakses melalui website https://www.jateng.kpu.go.id.

Ketua Tim Seleksi, JC Tukiman Taruna menjelaskan tes model CAT nanti akan menyaring paling banyak 49 calon untuk mengikuti tes psikologi di Hotel Patra, 2-3 Juli 2018.

“Jumlah itu memang paling banyak tujuh kali jumlah calon anggota provinsi mengacu pada Pasal 21 Ayat 6 Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2018,” ujarnya.

Calon yang lolos tes psikologi akan dipanggil untuk tes kesehatan di RSUD dr Kariadi, 11-12 Juli. Tahap berikutnya, mereka yang lolos akan menjalani tes wawancara dengan tim seleksi 18- 24 Juli di tempat yang akan disampaikan kemudian.

Hasil rangkaian seleksi sebanyak 14 orang akan diumumkan melalui laman KPU Jateng antara 26 – 30 Juli 2018. Nama-nama itu akan diserahkan ke KPU Pusat untuk tahapan akhir seleksi berupa uji kepatutan dan kelayakan.

“Ada perubahan jadwal tahapan seleksi dari yang telah kami umumkan, karena KPU Pusat menyesuaikan dengan jadwal libur Lebaran dan cuti bersama tahun ini. Jadwal itu bisa dicermati lewat website https://www.jateng.kpu.go.id,” kata Tukiman.

Timsel KPU Jateng 2018-2023 terdiri atas JC Tukiman Taruna (Ketua), Zakiyuddin Baidhowi (Sekretaris), dengan anggota Tutriantoro, Fitriyah, dan Amir Machmud NS.(SuaraBaru.id)