Bagikan
Siswa-siswi kelas III dan IV tampil ke atas panggung untuk menyajikan seni ansambel musik di event gelar potensi siswa SD Negeri 1 Wonogiri Tahun 2018, SMNet.Com/bp

WONOGIRI – SD Negeri 1 Kecamatan Wonogiri Kota, Sabtu (12/5), menyajikan gelar potensi siswa. Menampilkan aneka sajian kesenian di panggung halaman sekolah. Bersamaan itu, juga digelar pameran hasil hasta karya para siswa, yang disajikan di teras emperan ruangan kelas. Juga digelar lomba mewarnai gambar oleh anak-anak dari taman kanak-kanak (TK) yang eksis di Kota Wonogiri.

Gelar potensi siswa ini dibuka resmi oleh Koordinator Dinas Pendidikan Kebudayaan (Dikbud) Kecamatan Wonogiri Kota, Drs Mulyatno MPd.  ‘’Selaku koordinator, saya menyampaikan apresiasi atas digelarnya acara ini. Sebab, tidak semua sekolah mampu menyelenggarakan event seperti ini. Ini terselenggara, berkat adanya dukungan dari komite. Untuk itu saya ucapkan terima kasih,’’ tegas Mulyatno yang juga pengawas pendidikan.

Gelar potensi siswa, tandas Mulyatno, menjadi hal yang penting untuk ditampilkan dalam upaya memberikan pelayanan yang baik dan maksimal, guna mengembangsuburkan potensi anak didik. Juga sebagai upaya mendukung penguatan pendidikan karakter bagi para siswa.

Diingatkan oleh Mulyatno, zaman sekarang merupakan era kompetisi, karena itu upaya mendorong tumbuhkembangnya potensi anak memiliki peran penting. Terlebih lagi, dalam upaya mengantarkan anak didik untuk menggapai apa yang dicita-citakan.

Menurutnya, di era kompetisi sekarang ini, potensi kekuatan akan mengantarkan anak didik menggapai peluang meraih sukses. Sebaliknya, aspek kelemahan hanya akan melahirkan ancaman dan menjadi kendala dalam meraih cita-cita. ‘’Berbahagialah bapak-ibu yang putra-putrinya bersekolah di SD Negeri 1 Wonogiri yang mendapatkan pelayanan secara maksimal oleh para guru. Bahkan pihak sekolah ringan mencarikan guru tamu yang berkeahlian, demi untuk pengembangan potensi siswanya,’’  ujarnya.

Kepala Sekolah SD Negeri 1 Wonogiri, Mahmud Yunus Spd dan Guru Sutijo SPd menyatakan, gelar potensi siswa ini dilaksanakan sebagai agenda tahunan. Tujuannya, untuk mengembangsuburkan secara optimal bakat, ketrampilan, kecakapan serta potensi yang dimiliki oleh anak-anak. Ikut l memberikan sambutan, Ketua Komite Sekolah, Agus.

Gelar potensi siswa SD Negeri 1 Wonogiri, dimulai sejak pagi. Yakni dengan menyajikan demo ketrampilan display drum band, fashion show dan seni karawitan. Baru kemudian diteruskan pembukaan yang menyajikan koor lagu Indonesia Raya dan lagu mars SD Negeri 1 Wonogiri, dirangkai dengan sambutan Kepala SD Negeri 1 Wonogiri Mahmud Yunus serta doa dan sambutan dari Ketua Komite Agus.

Dalam gelar potensi seni ini, ditampilkan tari piring, gerak dan lagu siswa-siswi, tari Bajidor, ansambel musik, demo ketrampilan Erland drum tunggal. Kemudian dilanjutkan dengan menyajikan pantomim, tari Makaryo, menyanyi tunggal, tari Kethek Ogleng, musik Angklung, tari Candik Ayu, Teene Belle Dance, sajian organ tunggal Gantara, menyanyi Mudhita dan Shisi, tari Roro Ngigel, musik band, senam Domikado, drama, gerak lagu Yam Ko Rambe dan ditampilkan lagi seni karawitan untuk mengantarkan acara penutup.(SMNet.Com/bp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here