blank
Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito foto bersama dengan para juara, SMNet.Com/dok

 

MAGELANG- Tim Tenis Kota Magelang meraih juara I Kejuaraan Nasional Tenis Lapangan Beregu Putra Wali Kota Magelang Cup 2018. Sedang juara II dan III direbut tim Papua A dan tim Papua B.

Prestasi itu membuat tim tenis Kota Magelang membawa pulang piala bergilir Wali Kota Magelang dan uang pembinaan sebesar Rp 30 juta.

‘’Capaian ini luar biasa, melalui perjuangan keras. Pertandingan ini kan adu strategi, adu akal, bagaimana harus bisa meraih poin tinggi,’’ ujar Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito, usai final tenis melawan tim Papua, di Lapangan PELTI, kemarin.

Sigit mengatakan, pada kejuaraan tenis tahun ini Kota Magelang menerjunkan dua tim, yaitu tim A dan tim B. Tim B kalah pada babak 8 besar, sedangkan tim A berhasil menjadi juara I.

‘’Melalui kejuaraan seperti ini diharapkan dapat memajukan olahraga tenis di Kota Magelang. Termasuk dengan menghadirkan atlet-atlet nasional akan menginspirasi atlet muda kita,’’ tuturnya.

Dia mengakui, beberapa tahun terakhir olahraga tenis mengalami penurunan peminat dan prestasi, tidak terkecuali di Kota Magelang. Kondisi tersebut terjadi sejak tahun 1990 an.

‘’Prestasi ini terus menurun ditambah zaman reformasi, otonomi, sehingga agak kurang perhatian,’’ terangnya.

Kota Magelang sejauh ini terus melakukan pembinaan terhadap seluruh cabang olahraga, tidak hanya tenis lapangan saja. Apalagi, Kota Magelang memiliki sport center dengan fasilitas olahraga yang memadai.

‘’Saya ingin kejuaraan semacam ini dijadikan event tahunan. Menggungah para pecinta olahraga untuk tingkatkan prestasi mereka,’’ terangnya.

Salah satu atlet tenis nasional, Titus Arianto mengatakan, olahraga tenis lapangan perlu digairahkan kembali lantaran beberapa waktu terakhir mengalami penurunan.

‘’Dulu tahun 1980 an olahraga tenis lapangan baru jaya-jayanya, sekarang agak surut dan ketiduran. Perlu kita galakkan lagi dengan memperbanyak pertandingan dan kejuaraan,’’ungkap  Titus.

Menurutnya, upaya ini perlu didukung oleh berbagai pihak. Tidak hanya atlet, organisasi, namun juga pemerintah. ‘’Mari semarakkan lagi olahraga tenis. Ayo Tenis,’’ tegasnya. (SMNet.Com/dh)