blank
Tidak hanya Satlinmas pria, Satlinmas wanita juga ikut dalam pendidikan pembentukan karakter di Sekolah Calon Bintara ( Secaba) Rindam IV/Diponegoro, Magelang, SMNet.Com/dh

 

MAGELANG- Sebanyak  306 anggota satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) se Jateng hari ini (28/4) selesai mengikuti pendidikan pembentukan karakter  di Sekolah Calon Bintara  (Secaba) Rindam IV/Diponegoro, Magelang. Pendidikan dilaksanakan sejak 25 April 2018.

Para anggoa Satlinmas ini nantinya akan bertugas mengamankan  jalannya pemilihan Gubernur /Wakil Gubernur Jateng dan pemilihan bupati  di tujuh kabupaten se Jateng.

‘’Pendidikan untuk anggota Satlinmas di Secaba Rindam IV/Diponegoro sudah  berlangsung dua tahap. Tahap pertama dilakukan beberapa bulan lalu,  dan untuk tahap kedua  yang diikuti 306 anggota se Jateng dilaksanakan sejak Rabu ( 25/4) hingga Sabtu  (28/4),’’ kata Kepala Urusan Operasional Secaba Rindam IV Diponegoro Kapten Ahmad Wanto Subchi, kemarin.

Dia menerangkan, melalui pendidikan semi  kemiliteran
diharapkan mereka yang akan bertugas menjaga
tempat pemungutan suara ( TPS) bisa mempersiapkan diri baik fisik maupun mentalnya.

Selama mengikuti pendidikan, lanjutnya, mereka selain mendapatkan materi dari TNI dan Polri  berupa
persiapan fisik dan mental,  juga mendapatkan materi dari  KPU
dan Satpol PP yang berkaitan dengan pilkada .

‘’Materi yang  diberikan oleh TNI dan Polri  di antaranya
mengenai pembentukan karakter, pembinaan fisik dan penanganan antihuru hara atau pengendalian massa dari Polri,’’ tuturnya.

Sedang pendidikan fisik  di bawah  bimbingan 25 personel dari
Secaba Rindam IV/Diponegoro  dimulai dari pagi. Diawali dengan senam pagi, apel pagi, perkenalkan peraturan baris berbaris dan penghormatan.
Menurutnya, sebagian besar para anggota Satlinmas  yang mengikuti pendidikan karakter tersebut  telah memiliki dasar-dasar seperti peraturan baris berbaris,  penghormatan dan sebagainya.

Mereka juga sudah terbiasa dilatih oleh masing-masing   bintara pembina desa (babinsa) yang bertugas di desanya,  dan selama menjalani pendidikan di Secaba Rindam IV/Diponegoro ini pihaknya tinggal memoles,  sehingga makin mantap dan sempurna.
Subchi menjelaskan,  untuk meningkatkan fisik para anggota Satlinmas, pihaknya juga memberikan tambahan materi berupa olahraga beladiri militer sederhana.

‘’Ini untuk membekali mereka supaya mempunyai ilmu
bela diri, dan diharapkan bisa diterapkan di penugasan bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkannya,’’ tegasnya. (SMNet.Com/dh)