Bagikan
Para siswi SMK Negeri 1 Jatiroto, Wonogiri, memainkan drum band dengan mengenakan busana adat. Mereka tampil mengiringi gelar upacara peringatan Hari Kartini di halaman sekolahnya.(SMNet.Com/bp)

 

WONOGIRI – Peringatan Hari Kartini di Pendapa Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Sabtu malam (21/4) digelar secara istimewa, karena dimeriahkan pula dengan pentas wayang kulit. Pagelaran wayang purwa ini dimainkan dalang Ki Tito Madyo Carito dengan menyajikan lakon ‘Pandowo Syukur’.Hadir dalam acara tersebut Camat Purwantoro Joko Susilo, Kapolsek AKP Sargiyata, Danramil-19 Pirwantoro Kapten (Kav) Subagyo, Wakil Ketua DPRD KabupatenWonogiri (Sunarmin), dan Anggota DPRD Wonogiri (Marhendi Indriatmoko).

Sementara itu, para murid SMK Negeri 1 Jatiroto, Wonogiri, pimpinan Kepala Sekolah (Kasek) Gunarsi, menggelar upacara peringatan Hari Kartini dengan mengenakan busana adat Jawa. Para siswa mengenakan beskap, blangkon, kemudian para siswi mengenakan kebaya dan kain jarik. Mereka menggelar upacara pengibaran bendera di halaman sekolah, dengan menampilkan para petugas upacara para siswi diiringi drum band yang juga dimainkan oleh para murid putri.

Upacara peringatan Hari Kartini Tahun 2018, Sabtu (24/4), juga digelar di halaman Kantor Kecamatan Selogiri, Wonogiri, dengan menampilkan inspektur upacara Ketua PKK Kecamatan Selogiri, Ny Imrorul Hidayati, setelah sebelumnya dilakukan olahraga bersama jalan sehat massal.

Hadir dalam upacara tersebut Camat Selogiri (Sigit Purwanto), Danramil-02 Selogiri Kapten (Inf) Sunardi beserta Ketua dan pengurus Persit Kartika Candra Kirana setempat, Kapolsek Selogiri AKP Sentot Ambar Wibowo, para Kades dan Lurah serta para pengurus PKK beserta jajaran terkait lainnya.

Ketua PKK Kecamatan Selogiri, Ny Imrorul Hidayati, dalam sambutannya menyerukan agar peringatan Hari Kartini tidak sekadar digelar secara seremonial saja. ‘’Tidak hanya sebatas mengenakan kebaya dan jarik. Tapi hendaknya mampu memaknai nilai-nilai sejarah perjuangan emansipasi wanita yang dilakukan oleh RA Kartini,’’tegasnya.

Di Kecamatan Bulukerto, upacara peringatan Hari Kartini digelar di halaman Polsek dengan pembina upacara Kapolsek AKP Kukuh Wiyono. Hadir pula Camat Bulukerto, Bahari, Danramil-21 Bulukerto Kapten (Inf) Tono beserta Ketua dan Pengurus Persit dan PKK serta Dharma Wanita bersama para pimpinan dinas dan instansi terkait.

Bertempat di lapangan Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri, dilaksanakan kegiatan senam sehat dalam rangka memperingati Hari Kartini . Dalam acara ini hadir Camat Ngadirojo, Hendradi, Danramil-03 Kapten (Inf) Siswanto bersama jajaran Forkompincam, para pimpinan dinas dan instansi terkait beserta pengurus PKK dan organisasi wanita setempat.

Di Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, peringatan Hari Kartini dipadukan dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK. Acaranya digelar di Pendapa Kecamatan Pracimantoro, diprakarsai oleh Ketua PPK setempat Ny Sarah Jiyanti dan dihadiri Camat Warsito beserta jajaran Forkompincam. (SMNet.Com/bp)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here