blank

 

MAGELANG- Sebanyak 125 mobil kuna mengikuti ‘’Rally Mobil PPMKI Jateng Tour 2018’’ memeriahkan Hari Jadi Ke 1.112 Kota Magelang. Kegiatan itu digelar dua hari Sabtu – Minggu ( 21-22 April).

Etape pertama yang mengambil start di Alun-alun timur Kota Magelang  menuju Yogyakarta, Museum Gunung Merapi ( Kaliurang) dan kembali ke Magelang. Keberangkatan dilepas Wali Kota Magelang  Sigit Widyonindito.

Etape kedua Minggu (22/4) start dari dari halaman Pemkot Magelang menuju Temanggung dan berakhir di Pendopo Pengabdian kompleks rumah dinas Wali Kota Magelang.

Ketua Seksi Rally Mobil Kuna, Joko Soeparno mengatakan,  ke-125 peserta rally mobil kuna tersebut tidak hanya dari Kota Magelang tetapi juga berbagai daerah di Pulau Jawa. Antara lain dari  Bandung, Semarang dan Jakarta.

Menurutnya, rute yang ditempuh merupakan rute wisata, sehingga kegiatan tersebut juga untuk memperkenalkan obyek-obyek wisata yang dilaluinya.

Joko menambahkan,  dalam rally tersebut pihaknya membagi  tiga kategori mobil . Yakni  mobil kuna produksi sebelum tahun 1973, mobil retro tahun 1974-1984,  dan mobil yang diproduksi mulai tahun 1985 ke atas.

Menurutnya, penilaian dalam rally mobil kuna tersebut  tidak berdasarkan  speed rally ( kecepatan) melainkan  time rally( ketepatan waktu). ‘’Penilaian pemenang juga berdasarkan  disiplin berlalu lintas saat mengikuti rally,’’ ujar Joko Soeparno yang juga menjabat Kepala Bappeda Kota Magelang .

Para pemenang rally ini akan mendapatkan hadiah berupa piala bergilir Wali Kota Magelang  dan uang pembinaan.

Wali Kota Sigit Widyonindito mengatakan, kegiatan rally mobil kuna yang telah dilaksanakan beberapa kali diharapkan bisa lebih mengenalkan Kota Magelang ke seluruh penjuru nusantara.

‘’Saya berharap, kegiatan ini lebih mengenalkan ke pelosok Indonesia, agar Kota Magelang dengan segala potensi yang dimiliki dapat lebih dikenal,’’ harapnya. (SMNet.Com/dh)