blank
Sebanyak 593 siswa mengikuti seleksi calon Paskibra Wonogiri yang dipersiapkan untuk pengibaran bendara Merah Putih pada upacara HUT Ke 73 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2018, SMNet.Com/bp

 

WONOGIRI- Sebanyak 593 siswa SMA, MA  dan SMK mengikuti seleksi  calon anggota Pasukan Pengibar Bendera  (Paskibra). Mereka yang lolos seleksi dipersiapkan pada 17 Agustus 2018 bertugas mengibarkan bendera Merah Putih pada upacara HUT Ke 73 Kemerdekaan RI Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan seleksi, Rabu (18/4), digelar di Gedung Olahraga (GOR) Girimandala Kabupaten Wonogiri. Tim penguji melibatkan  berbagai unsur lintas instansi. Yakni dari personel TNI Kodim 0728 Wonogiri (Pelda Agus Susanto dan Serma Rojid), dari Polres Wonogiri (Ipda Pudiyono dan Bripka Triyatno), dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri bersama Puskesmas Wonogiri terdiri atas dokter Estrini, dokter Bagus beserta 2 perawat Dian Kuriawari dan Ana Sulistiowati.

Tim seleksi juga melibatkan petugas medis dari Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Wonogiri, terdiri atas Bripka Sugito, drg Lusi, dokter Fahrul Habibi dan Brigadir Joko. Berikut dari Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kabupaten Wonogiri terdiri atas Andi Hariawan,  Rosalia Idha dan Slamet Sutono, serta dari Kesbangpol Kabupaten Wonogiri Untung Subagyo.

Pelda Agus Susanto menyatakan, materi seleksi meliputi tes kesehatan (pengukuran tensi darah, kesehatan mata, gigi, telinga hidung dan tenggorok atau THT). Juga dilakukan seleksi dari segi postur tubuh, tes kesegaran jasmani dengan melakukan lari selama 12 menit. Kemudian tes melakukan gerakan dasar peraturan baris berbaris (PBB) yang di dalamnya mencakup sikap dasar PBB, gerakan perubahan arah dan gerakan berjalan. Juga dilakukan tes akademik meliputi pengetahuan umum, wawasan kebangsaan (Wasbang) dan bahasa Inggris.

Serma Rojid menambahkan, seleksi diikuti sebanyak 593 siswa-siswi dari jenjang pendidikan SMA, MA dan SMK. Tim seleksi dibantu para personel dari  tim pendukung sebanyak 70 orang yang merupakan para anggota purna Paskibra Wonogiri dipimpin Angga Prima siswa SMK Yayasan Ibu S Soemoharmanto (YISS) Jatipurno, Wonogiri.

Hasil seleksi, terpilih sebanyak 66 dari 593 siswa yang lolos untuk dijadikan calon Paskibra Kabupaten Wonogiri Tahun 2018. Mereka segera menjalani karantina untuk melakukan pelatihan secara intensif, dalam upaya mempersiapkan tim Paskibra pada upacara HUT Ke 73 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2018. (SMNet.Com/bp)