blank
ASN Inspektorat Kota Magelang memasang foto APIP berprestasi, SMNet.Com/dok

MAGELANG- Inspektur Inspektorat Kota Magelang, Sumartono, membuat terobosan baru dalam upaya mendorong produktivitas kerja yang optimal serta efektivitas dan efisiensi bawahannya. Yaitu dengan memberi penghargaan kepada aparat pengawas intern pemerintah (APIP) yang berprestasi setiap bulannya.

‘’Penilaian dilakukan selama kurun waktu satu bulan sebelumnya.Yang berprestasi pada bulan April 2018 adalah Istiyati Titik Y (Auditor Madya). Sedang bulan Maret 2018 adalah Midya Murtiningsih,’’ kata Sumartono yang baru dilantik menjadi Inspektur pada 22 Februari 2018.

Ditemui di kantornya Senin (9/4) mantan Asisten Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra itu menerangkan, tujuan memberikan apresiasi kepada APIP  berprestasi pada setiap bulan  adalah untuk memberikan dorongan dan membangkitkan motivasi sehingga mendorong kinerja pegawai menjadi lebih baik.

Penilaiannya menggunakan metode 360. Yaitu mengusung mekanisme  di mana kinerja seorang pegawai dinilai berdasarkan umpan balik dari setiap orang yang memiliki hubungan kerja, baik oleh atasan, rekan kerja, mitra, anak buah maupun pelanggan.

Sumartono menuturkan, penilaiannya menggunakan enam unsur. Yaitu banyaknya tidak masuk kerja dengan berbagai alasan berdasarkan finger print. Kemudian banyaknya keterlambatan dan pulang mendahului (dalam jam) berdasarkan finger print.

Selanjutnya semangat kerja dengan melihat kecepatannya menyelesaikan tugas. Berikutnya responsivitas atau tanggapan perubahan lingkungan, kreativitas (upaya perbaikan sistem/cara dalam menyelesaikan tugas) dan terakhir keteladanan atau mampu menjadi contoh bagi pegawai lainnya.

‘’Mereka yang berprestasi mendapat piagam  penghargaan dan surat keputusan yang bisa dimanfaatkan sebagai angka kredit APIP. Disamping itu, foto dan nama APIP berprestasi dipasang di Kantor Inspektorat Kota Magelang supaya menjadi contoh rekannya,’’ terangnya. (SMNet.Com/dh)