blank
Ratusan siswa SMP/MTs mengikuti kegiatan spiritual building training dan doa bersama Jelang USBN dan UNBK SMP/MTs, SMNet.Com/dh

 

 

MAGELANG- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang bekerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Pertama (SMP) menggelar kegiatan spiritual building training dan doa bersama. Kegiatan itu merupakan persiapan jelang pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional (USBN)  dan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs.

‘’Kami ingin agar para siswa lebih siap dari segi mental maupun spiritual jelang pelaksanaan USBN dan UNBK,’’ kata panitia pelaksana kegiatan itu,  Endrico Sapta Hardiana, di sela acara yang berlangsung  di Masjid Baitul Ma’mur Kompleks Pemkot Magelang, kemarin.

Kegiatan spiritual building training dan doa bersama diikuti sekitar  478 dari total 2.603 siswa kelas IX SMP. Mereka merupakan perwakilan dari SMP negeri dan swasta di Kota Magelang. USBN SMP/MTs diselenggarakan pada 9-16 April, sedang UNBK pada 23-26 April 2018.

Endrico menerangkan, selain persiapan jelang USBN dan UNBK, kegiatan ini juga dalam rangka mewujudkan visi Kota Magelang sebagai kota jasa yang modern dan cerdas dilandasi masyarakat sejahtera dan religius. Serta mensukseskan gerakan peduli siswa, khususnya dalam gerakan penumbuhan budi pekerti.

Dalam kegiatan ini, lanjutnya, para siswa dikumpulkan di dalam Masjid Baitul Ma’mur. Mereka kemudian diberikan motivasi dan semangat, selain itu juga dilakukan doa bersama dan pengumpulan infaq. ‘’Kami  menghadirkan trainer/motivator khusus dari Yogyakarta untuk menyemangati siswa,’’ tuturnya.

Menurutnya, kegiatan semacam ini sudah rutin dilaksanakan setiap tahun jelang pelaksanaan ujian. Tetapi peserta yang ikut masih belum bisa menjangkau seluruh siswa. ‘’Penyebabnya karena keterbatasan tempat. Tahun  depan harapannya bisa diikuti seluruh siswa SMP,’’ harapnya.

Khusus tahun ini, tambahnya, dipilih masjid karena permintaan dari Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito. ‘’ Pak Wali meminta supaya dilaksanakan di masjid dengan maksud memakmurkan masjid. Sebagaimana di zaman Rasulullah SAW, masjid tidak hanya digunakan untuk tempat beribadah, namun juga sebagai tempat berlangsungnya pendidikan,’’  ujar Endrico.

Sekda Kota Magelang Sugiharto meminta para siswa untuk semangat menghadapi ujian nasional. ‘’Kerahkan kemampuan terbaik untuk mencapai hasil yang juga terbaik,’’ pintanya. (SMNet.Com/dh)