blank
Wali Kota Sigit Widyonindito mengibarkan bendera start jalan santai Hari Jadi Ke 1.112 Kota Magelang, SMNet.Com/dh

 

MAGELANG- Pemkot  Magelang memanfaatkan berbagai event yang berlangsung di Kota Sejuta Bunga ini untuk sarana promosi wisata. Seperti yang dilakukan dalam kegiatan jalan santai rangkaian peringatan Hari Jadi Ke 1.112 Kota Magelang di Alun-alun setempat, Minggu (8/4/).

Panitia Hari Jadi Kota Magelang, Jarwadi, mengatakan, kegiatan jalan santai ini tidak hanya bertujuan untuk menyehatkan warga, namun juga mengenalkan potensi wisata di kota ini.

‘’Jadi target kami adalah masyarakat kumpul, olahraga bareng dan sehat. Selain itu, membangun silaturahmi sekaligus mengenalkan potensi wisata Kota Magelang,’’ katanya di sela-sela acara tersebut.

Menurutnya,  jalan santai dalam rangkaian Hari Jadi Kota Magelang ini rutin diselenggarakan setiap tahun rutin. Yang berbeda adalah rutenya yang berganti setiap tahun.

‘’Untuk tahun ini, rutenya ke utara. Jadi kami berharap, melalui jalan santai yang rutenya berbeda, masyarakat bisa melihat kondisi Kota Magelang. Tidak hanya yang kelihatan saja tapi juga yang ada di dalam pelosok-pelosok kampung, sehingga mereka terpacu untuk membuat kampung mereka bersih,’’ terangnya.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan itu mengemukakan, makin bersih lingkungan Kota Magelang, maka wisatawan akan makin betah berkunjung ke kota ini.

Adapun rute yang dilewati pada jalan santai tahun ini start di Alun-alun timur, Alun-alun selatan, Jalan Mayjend Sutoyo, Pasar Cacaban, Kali Bening, Badaan (Jalan Ade Irma Suryani), Plengkung, Jalan Ahmad Yani dan finis di Alun-alun timur Magelang.

Rute tersebut melintasi beberapa destinasi wisata unggulan Kota Magelang. Antara lain water torn dan air mancur menari di alun-alun, Taman Badaan, cagar budaya Plengkung dan Museum Bumiputera.

‘’Target jumlah peserta pada kegiatan jalan santai ini 11 ribu orang, sesuai tiket yang dicetak. Tiket gratis dan kami bagikan untuk masyarakat umum,’’ ungkap Jarwadi.

Berbagai hadiah doorprize dan hadiah utama juga disediakan untuk para peserta jalan santai. Mulai dari kompor gas, speaker, kulkas, sepeda gunung hingga dua sepeda motor sumbangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang.

Wali Kota Sigit Widyonindito mengaku senang karena masyarakat bisa berbaur memeriahkan rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Magelang.

‘’Hari ini kita berkumpul memeriahkan peringatan Hari Jadi Kota Magelang dengan kegiatan jalan santai. Saya senang warga menyempatkan diri ikut sambil berolahraga biar sehat,’’ tutur Sigit. (SMNet.Com/dh)